Home / NASIONAL

Selasa, 15 September 2020 - 15:36 WIB

Kementerian ESDM Targetkan Lifting Mintak Capai 1 Juta Barel

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri ESDM Arifin Tasrif menargetkan lifting minyak sejumlah 1 juta barel pada 2030 mendatang. Sebagai upaya, pihaknya akan melelang sejumlah 12 wilayah kerja (WK) migas.

“Kita sudah punya rencana lelang 12 WK yang mana memang harus ditunda karena kondisi daripada daya tarik bisnis ini menurun,” kata Arifin melalui keterangan tertulisnya, Selasa (15/9).

Menurut Arifin, anjloknya harga minyak dunia berdampak ada investasi di bidang perminyakan, karena investasinya bergantung pada harga. Ke depan eksplorasi akan lebih diintensifkan lagi, karena Indonesia masih memiliki banyak potensi.

“Kita masih punya bayak potensi, 68 cekungan belum kita garap dalam waktu beberapa tahun mendatang kita bisa memiliki data migas yang akurat, investor masuk, dan harga minyak bisa kembali normal,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Mustafid mengatakan akan ada 12 blok minyak yang akan dilelang, dimana 10 merupakan blok konvensional dan 2 blok non konvensional.

“Untuk yang lelang 10 konvensional dan 2 non konvensional,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dari blok-blok yang akan dilelang ini, pemerintah akan menawarkan dua skema kontrak migas, yakni gross split dan cost recovery.

“Sudah siapkan untuk skemanya akan dilihat dari sisi teknis apakah cost recovery atau gross split, yang jelas dari pimpinan terbuka tergantung hasil teknis,” tambahnya.

Ditargetkan lelang blok migas konvensional akan selesai semester satu tahun ini. Sisa dua blok migas yang non konvensional akan dilelang setelah blok migas yang konvensional. (kem/esd)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Hari Pers Nasional, Jokowi Bebaskan Pajak Bagi Jurnalis
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria menggunakan masker. Foto/Antara

NASIONAL

45 Ribu Masker Bantuan Diterima Pemprov DKI
Ilustrasi UMKM. Foto: Istimewa

NASIONAL

UMKM Bakal Dapat Modal Kerja, tapi Masih Dibahas
Menteri LHK Siti Nurbaya meninjau langsung kegiatan program padat karya mangrove untuk mendukung agenda pemulihan ekonomi nasional. Foto/Kementerian LH dan Kehutanan

NASIONAL

Program Padat Karya Mangrove KLHK Serap 35 Ribu Lebih Pekerja
Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad. Foto/TNI

NASIONAL

TNI: Perang Saat Ini Adalah Peperangan Informasi Media Sosial
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Daftar Temuan Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 Hari Kedua
Bioskop di Jakarta kembali dibuka. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop di Jakarta Diizinkan Beroperasi Lagi
Bupati Bogor Ade Yasin (tengah) hadiri acara BES 2019 di Royal Tulip Gunung Geulis, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12). Foto/Ist

NASIONAL

Soal Megamendung, Bupati Bogor Dicecer 50 Pertanyaan