Home / NASIONAL

Rabu, 2 September 2020 - 11:08 WIB

Kemnaker Berikan Bantuan Padat Karya ke 25 Kelompok Tani

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Kemnaker

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Kemnaker

MAGELANG, BERITANUSA.id – Dalam rangka membantu petani dalam menghadapi dinamika di masa pandemi Covid-19 yang penuh dengan ketidakpastian, Kementerian Ketenagakerjaan memberikan bantuan program padat karya di sektor pertanian kepada 25 Kelompok Tani yang tergabung dalam Paguyuban Pertanian Merbabu.

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Selasa (1/9) di Magelang, Jawa Tengah. Penyerahan bantuan turut dihadiri Dirjen Binapenta dan PKK Suhartono, Dirjen Binwasnaker dan K3 Haiyani Rumondang, Kepala Biro Humas Kemnaker R. Soes Hindharno dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Menaker Ida dalam sambutannya menyatakan bahwa program padat karya tersebut untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan.

Sehingga diharapkan mampu menekan angka penganggur dan setengah penganggur.

Sebab menurutnya, berdasarkan data Kemnaker RI dan BP Jamsostek per April 2020-27 Mei 2020, terdapat 1.757.464 orang pekerja formal dan informal yang terdampak Covid-19.

Mereka disebutnya sangat membutuhkan perhatian dan bantuan stimulan dari pemerintah untuk memberikan dampak positif dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia menyatakan, Kemnaker terus berupaya menekan angka kemiskinan sekaligus mensejahterakan petani melalui program padat karya. Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo yang menghendaki program padat karya berbasis pertanian menjadi ujung tombak untuk menekan angka kemiskinan, khususnya di desa, serta mengangkat kesejahteraan petani.

“Sektor pertanian ini mempunyai peran penting dalam pembangunan. Ini karena selain menyediakan pangan bagi masyarakat, pertanian juga menjadi sektor penggerak perekonomian, terutama di desa,” ucapnya.

Dia mengemukakan bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) telah merumuskan indikator untuk mengukur tenaga kerja yang tidak terserap pasar kerja, yang disebut Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Berdasarkan data BPS, katanya, sejak 2015 hingga 2019, TPT mengalami penurunan sebesar 0,90 persen poin.

Tidak hanya itu, sambungnya, struktur penduduk bekerja menurut lapangan pekerjaan pada 2019 masih didominasi tiga lapangan pekerjaan utama, yakni pertanian sebesar 27,33 persen, perdagangan sebesar 18,81 persen, dan industri pengolahan sebesar 14,96 persen.

Menaker pun berharap, program padat karya ini dapat menyentuh langsung kebutuhan publik, sehingga dapat memberikan peningkatan produksi pertanian, pengentasan kemiskinan, dan penyediaan lapangan kerja.

“Program padat karya ini selain menyejahterakan petani juga bisa menjadi dorongan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Namun demikian, katanya, upaya memberdayakan masyarakat penganggur ter-PHK dan dirumahkan akibat Covid-19 supaya menjadi petani produktif tidak bisa dilakukan sendirian, tetapi perlu bersinergi antar stakeholder. Pihaknya meminta kepala daerah dapat bersama-sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan untuk menekan tingkat pengangguran yang ada di daerah dengan Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja.

“Kegiatan padat karya ini diharapkan dapat mempunyai efek ganda (multiplier effect) yang berdampak pada penciptaan lapangan kerja yang lebih permanen,” ucapnya. (kem/nak)

Share :

Baca Juga

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Foto/MI/Lina Herlina

NASIONAL

Gubernur Sulsel Protes China Soal Seaglider
Pemerintah akan memberikan biaya ganti rugi atau kompensasi bagi penerima vaksin corona atau covid-19 yang mengalami efek samping atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi, cacat ataupun meninggal dunia. Foto/Antara

NASIONAL

Sertifikat Vaksin Akan Jadi Pengganti Aturan Swab dan PCR
Pariwisata di Bali akan di-reopening dengan mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keamanan. Foto/ANTARA

NASIONAL

Wisatawan yang Ingin ke Bali Wajib Tes Swab PCR
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

ASN DKI Diminta Masuk Saat Cuti Bersama 12 Maret
Ilustrasi tsunami. Foto/Ist

NASIONAL

Dua Potensi Besar Pemicu Tsunami di Selatan Jawa
Sejumlah kendaraan berhenti saat lampu merah di dekat kawasan aturan ganjil-genap, Jalan Medan Merdeka Selatan. Foto/ANTARA/Sigid Kurniawan

NASIONAL

PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku
Vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Persiapan Matang Pemerintah dalam Vaksinasi Covid
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali