Home / EKONOMI

Senin, 15 Februari 2021 - 20:13 WIB

Kemnaker Siapkan Skema Tekan Angka Pengangguran

Pencari kerja mengisi formulir lamaran dalam bursa kerja di Senayan, Jakarta. Foto/MI

Pencari kerja mengisi formulir lamaran dalam bursa kerja di Senayan, Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan mengoptimalkan kinerja petugas pengantar kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini untuk menurunkan angka pengangguran di Tanah Air.

Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker Suhartono mengatakan keberadaan pengantar kerja sangat penting.

Menurut dia, pengantar kerja dapat membantu, memfasilitasi dan melayani masyarakat dalam mencari pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri, serta menjadi jembatan penghubung bagi perusahaan yang membutuhkan pekerja.

“Pemerintah melalui Kemnaker terus berupaya menekan angka pengangguran,” ujar Suhartono dalam keterangannya, Minggu (14/2).

“Oleh karena itu, keterlibatan aktif dari pengantar kerja ini diharapkan berdampak pada pengurangan angka pengangguran dan memperluas kesempatan kerja,” imbuhnya.

Suhartono mengemukakan saat ini pegawai fungsional pengantar kerja tercatat sebanyak 430 orang dengan 82 orang di antaranya bertugas di Kantor Pusat Kemnaker dan 57 orang di BP2MI. Sisanya, tersebar di dinas provinsi, kabupaten dan kota

“Kita harapkan dengan jumlah pengantar kerja yang ada dapat maksimalkan perannya. Pengantar kerja pun dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Suhartono mengatakan dalam upaya menurunkan angka pengangguran, pengantar kerja harus memaksimalkan aplikasi berbasis web yang tersedia, yakni Sisnaker yang bisa dibuka di kemnaker.go.id.

Pemanfaatan aplikasi online secara optimal ini tidak terlepas dari perkembangan zaman yang serba digital serta kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

(kem/ker)

Share :

Baca Juga

Pengemudi angkutan umum menunggu penumpang di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Foto/Antara

EKONOMI

Subsidi untuk Angkutan Umum dan Barang Masih Ada
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Bank Daerah Diharapkan Bisa Go Digital
Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

EKONOMI

Anggaran Pilkada 2020 Capai Rp15,2 Triliun
Ilustrasi ATM Himbara. Ist

EKONOMI

Himbara Harus Perkuat Sektor Perekonomian Melalui UMKM
Ilustrasi uang Dolar AS. Ist

EKONOMI

Juli 2020, Utang Luar Negeri Indonesia Melambat
Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

EKONOMI

Alumni Kartu Prakerja Bakal Diberi Fasilitas KUR
Ilustrasi warga saat menerima bantuan uang tunai. Foto/Antara

EKONOMI

Warga Keluhkan Bansos Ayam Hidup di Cianjur
Ojek daring terdampak pemberlakuan PSBB. Pengemudi ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta. Foto/Antara

EKONOMI

Realiasasi PEN 2021 Capai Rp76,59 Triliun Per 17 Maret 2021