Home / NASIONAL

Senin, 8 Februari 2021 - 11:03 WIB

Kendaraan Dilarang Melintas di Kota Tua Mulai Hari Ini

Petugas Dishub mengatur lalu lintas di Kawasan Kota Tua, Jakarta, 18 Desember 2020. Foto/TEMPO/Muhammad Hidayat

Petugas Dishub mengatur lalu lintas di Kawasan Kota Tua, Jakarta, 18 Desember 2020. Foto/TEMPO/Muhammad Hidayat

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kawasan Kota Tua mulai hari ini, Senin (8/2), ditetapkan sebagai kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ). Kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi dilarang melintas di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan penerapan kebijakan LEZ akan dilakukan selama 24 jam. Kebijakan di kawasan Kota Tua ini mencakup sekitar kawasan Museum Fatahilah, yakni Jalan Pintu Besar Utara-Jalan Kalibesar Barat sisi Selatan-Jalan Kunir sisi Selatan-Jalan Kemukus-Jalan Ketumbar-Jalan Lada.

“Kendaraan pribadi, angkutan barang, dan angkutan umum non TJ tidak diperkenankan melalui ruas jalan LEZ, dengan pengecualian yang telah diatur,” kata Syafrin, Kamis (4/2).

Syafrin mengatakan, penerapan LEZ di kawasan Kota Tua bakal dilakukan paralel dengan sejumlah pembangunan lainnya. Ada empat proyek kegiatan yang akan dilakukan seiring dengan penerapan kebijakan tersebut, yakni; penataan fasilitas pedestrian, penataan pedagang kaki lima (PKL), penataan kawasan Stasiun Jakarta Kota, serta pembangunan jalur MRT CP 203 dan Stasiun MRT Kota.

Pelaksanaan penataan Kawasan Wisata Kota Tua tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas, dan Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Kawasan Kota Tua.

Akibat dari kebijakan dan pembangunan tersebut, Dishub DKI memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Sementara, bagi pegawai yang berkantor di kawasan tersebut dan masyarakat yang hendak mengunjungi kawasan Kota Tua diminta memanfaatkan layanan angkutan umum, seperti Commuter Line turun di Stasiun Jakarta Kota, bus Transjakarta beserta feeder, maupun kendaraan tidak bermotor seperti sepeda.

Bagi pengguna kendaraan bermotor pribadi dapat memanfaatkan fasilitas parkir di Area Parkir Taman Kota Intan dan Pelataran Parkir Glodok.

Namun, kebijakan ini tidak berlaku bagi kendaraan tertentu yang operasionalnya tidak dapat digantikan dengan kendaraan lain. Dengan catatan, kendaraan tersebut harus telah lulus uji emisi yang ditandai dengan stiker.

Kemudian, untuk kegiatan bongkar muat logistik akan dipusatkan di Jalan Kalibesar Timur sisi Selatan tanpa pembatasan waktu.

Berikut rincian pengalihan arus di Kawasan Kota Tua mulai hari ini:

Arus Lalu Lintas dari Jalan Gedong Panjang diarahkan melalui Jalan Pejagalan Raya-Jalan Pasar Pagi Lama-Jalan Perniagaan Baru-Jalan Petak Baru (Asemka)-Jalan Pintu Besar Selatan ke arah selatan.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Tongkol diarahkan melalui Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-melalui Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya-Jalan Gunung Sahari ke arah selatan.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Gedong Panjang diarahkan melalui Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Tongkol diarahkan melalui Jalan Pakin-Jalan Gedong Panjang-Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Gedong Panjang diarahkan melalui Jalan Kopi-Jalan Roa Malaka Utara-Jalan Tiang Bendera-Jalan Nelayan Timur-Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Tongkol diarahkan melalui Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan R.E. Martadinata diarahkan melalui Jalan Lodan Raya-Jalan Pakin-Jalan Gedong Panjang ke arah Utara.

Arus Lalu Lintas dari Jalan R.E. Martadinata diarahkan melalui Jalan Lodan Raya-Jalan Pakin-Jalan Gedong Panjang-Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas diarahkan melalui Jalan Gunung Sahari ke arah selatan.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pintu Besar Selatan/Jalan Pancoran diarahkan melalui Jalan Pintu Kecil-Jalan Malaka-Jalan Malaka II-Jalan Kopi-Jalan Bandengan Selatan-Jalan Bandengan Utara Raya-Jalan Gedong Panjang ke arah Utara.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pintu Besar Selatan diarahkan melalui Jalan Jembatan Batu-Jalan Mangga Dua Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pintu Besar Selatan diarahkan melalui Fly Over Pasar Pagi ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Pancoran diarahkan melalui Jalan Pintu Kecil-Jalan Malaka-Jalan Malaka II-Jalan Kopi-Jalan Bandengan Selatan ke arah Barat.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Bandengan Selatan diarahkan melalui Jalan Gedong Panjang ke arah Utara.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Bandengan Selatan diarahkan melalui Jalan Kopi-Jalan Roa Malaka Utara-Jalan Tiang Bendera-Jalan Nelayan Timur-Jalan Cengkeh-Jalan Kunir Sisi Utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan Lodan Raya ke arah Timur.

Arus Lalu Lintas dari Jalan Bandengan Selatan diarahkan melalui Jalan Gedong Panjang berputar ke selatan-Jalan Pejagalan Raya-Jalan Pasar Pagi Lama-Jalan Perniagaan Baru-Jalan Petak Baru (Asemka)-Jalan Pintu Besar Selatan ke arah selatan.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Aparatur sipil negara (ASN) Biro Umum Pemprov DKI Jakarta beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Balai Kota, Jakarta, kemarin. Foto/MI

NASIONAL

Siap-siap, PNS Dapat Sanksi Jika ke Luar Kota Saat Imlek
Pekerja pemakaman beristirahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta. Foto/AFP/Adek Berry

NASIONAL

DKI Anggarkan Rp185 Miliar untuk Lahan Makam Covid-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kunjungi Panglima TNI, Kapolri: Silaturahmi Tingkatkan Sinergitas
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 yang Bakal Dibuka
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/MI

NASIONAL

Mahfud Buka 3 Jalan buat Pihak yang Kontra UU Ciptaker
Ambulansdi RSPI Sulianti Saroso. Foto/Antara

NASIONAL

Kasus Covid-19 Masih Meningkat Sepanjang PPKM
Ilustrasi bahan pokok. Foto/Ist

NASIONAL

Semua Harga Bahan Pokok Naik Akhir September
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021