Home / GLOBAL

Selasa, 29 September 2020 - 13:45 WIB

Keracunan Makanan, Raja Malaysia Dilarikan ke RS

Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin. Ist

Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin. Ist

KUALA LUMPUR, BERITANUSA.id – Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin dikabarkan dilarikan ke rumah sakit karena keracunan makanan. Ia harus menjalani perawatan di rumah sakit Institut Jantung Negara.

“Yang Mulia dalam kondisi stabil dan tidak ada alasan untuk khawatir. Yang Mulia akan kembali ke Istana Negara segera,” demikian bunyi pernyataan pihak Istana dilansir dari The Strait Times, Selasa (29/9).

Pengawas Keluarga Kerajaan Ahmad Fadil Syamsuddin menjelaskan bahwa Raja Abdullah mengalami keracunan makanan pada Senin malam 21 September. Namun, pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) yang dilakukan keesokan harinya menunjukkan bahwa sang raja juga mengalami cedera saat berolahraga.

“Sebagaimana diketahui, Yang Mulia sangat aktif dalam berbagai olahraga termasuk polo, sepak bola, squash, hoki, dan golf. Perawatan yang dilakukan Yang Mulia di lutut dan pergelangan kaki berhasil dilakukan pada 24 September,” ucap Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad berkata bahwa Raja sangat tersentuh dengan kepedulian masyarakat Malaysia terhadap kesehatannya. Raja pun melalui Ahmad menyampaikan ucapan terima kasih.

“Sultan sangat tersentuh dengan kepedulian masyarakat terhadap kesejahteraannya dan menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada semua orang yang telah mendoakan,” ujar dia.

Raja dirawat di rumah sakit satu hari sebelum melakukan audiensi dengan Kepala Oposisi Malaysia Anwar Ibrahim untuk membahas klaimnya. Anwar Ibrahim diketahui telah mengklaim bahwa dirinya mendapat dukungan luar biasa dari anggota parlemen negara untuk menjadi perdana menteri Malaysia yang baru.

Sementara dia juga pernah bilang bahwa pemerintahan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin telah “runtuh”. Di bawah Konstitusi Malaysia, Raja dapat menunjuk perdana menteri yang menurutnya kemungkinan besar akan memimpin mayoritas di Parlemen.

Di sisi lain, Raja dapat membubarkan Parlemen dan menyerukan pemilihan atas saran perdana menteri yang tengah menjabat. Muhyiddin, yang memiliki mayoritas tipis di Parlemen, telah menolak klaim Anwar sebagai mayoritas dan menantangnya untuk membuktikan melalui proses konstitusional.

(cnn/mal)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi perang. Ist

GLOBAL

Perang Armenia-Azerbaijan Meletus
Ilustrasi--Kedutaan besar Malaysia di Jakarta. Foto/Ist

GLOBAL

Kedubes Malaysia Buka Suara Soal Lagu Parodi Indonesia Raya
Walikota Seoul Park Won Soon. (Foto: Newzandar News)

GLOBAL

Setelah Dilaporkan Hilang, Walikota Seoul Ditemukan Meninggal Dunia
Foto: Istimewa

GLOBAL

Kisruh, Israel Gelar Pemilu ke-4 dalam Dua Tahun
Satgas TNI Konga XXXIX-B/RDB Monusco. Foto/TNI

GLOBAL

Satgas TNI di Kongo Berhasil Bujuk 43 Milisi Beserta 32 Senjata
Ilustrasi ledakan.Foto/Ist

GLOBAL

Dua Ledakan Dahsyat di Filipina Tewaskan 11 Orang dan 40 Terluka
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/Ist

GLOBAL

Presiden Erdogan Jadi Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia
Foto: Istimewa

GLOBAL

Barrack Obama hingga Bill Gates Jadi Korban Peretasan Akun Twitter