Home / NASIONAL

Senin, 5 Oktober 2020 - 14:17 WIB

Ketersediaan Lahan Mesti Diperhatikan untuk Swasembada Bawang Putih

Ilustrasi lahan untuk swasembada bawang putih. ist

Ilustrasi lahan untuk swasembada bawang putih. ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Pertanian (Kementan) harus memperhatikan jumlah ketersediaan lahan yang ada di daerah untuk mewujudkan swasembada bawang putih. Pasalnya, saat ini tidak banyak lahan di daerah pegunungan dengan curah hujan tidak terlalu tinggi yang cocok untuk penanaman bawang putih.

Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno mengatakan, jika pun ada, pastinya lahan tersebut telah disesaki dengan komoditas produk pertanian lainnya. Untuk bisa mencapai lahan yang diinginkan, dia menyarakan agar dilakukan koordinasi, komunikasi dan intensitas pengembangan program dengan pemerintah daerah otonom.

“Karena yang tahu area adalah pemda, nanti kebijakan ada di kementerian. Selama ini apa yang juga saya temukan itu bukan karena daerah juga menemukan, daerah itu tidak tahu bahwa saya menemukan areal bawang putih yang luas di kabupaten Majalengka,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

“Jadi aktivitas, peran aktif, kreativitas juga harus didorong agar daerah pun juga melakukan kebijakan yang sama dengan pusat,” imbuh Sutrisno.

Sutrisno menyarankan, wajib tanam importir setiap lima persen dari pengajuan impor yang diharapkan menjadi solusi dalam mendukung swasembada bawang putih. Ia menilai harus ada inovasi pendekatan yang harus dilakukan selain wajib tanam, agar tujuan swasembada bawang putih dapat tercapai pada 2021.

“Jangan sekedar berharap kepada itu. Inovasi yang harus dibuat adalah kewajiban tanam tahun ini kepada petani, tahun berikutnya tentunya dialihkan kepada petani yang lainnya. Dengan begitu akan terjadi efisiensi pemanfaatan anggaran dari waktu ke waktu dari tahun ke tahun akan bertambah luas area yang ditanam,” sarannya.

Sutrisno mengingatkan bahwa political will dari pemerintah sangat dibutukan guna mewujudkan target swasembada bawang putih di 2021.

“Kementan untuk mencapai swasembada bawang putih ini ya programnya harus komprehensif. Jadi tidak hanya terus menerus mengandalkan APBN seperti selama ini. Tidak akan bisa kecapai itu,” tukas dia.

(heq/dpr)

Share :

Baca Juga

Sidang lanjutan kasus Bahar bin Smith menghadirkan saksi meringankan, Kamis (16/5). Foto/Antara

NASIONAL

Bahar Smith Tulis Surat Soal Rizieq Shihab Ditahan
Anggota Brimob Polda Metro Jaya edukasi masyarakat soal pentingnya prokes. Foto/PMJ News

NASIONAL

Polda Metro Jaya Patroli Disiplin Protokol Kesehatan di Kabupaten Bekasi
Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

NASIONAL

Polri Siap Sanksi Tegas Cakada yang Langgar Protokol Kesehatan
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018). Foto: ANTARA/Bima Sena

NASIONAL

Wagub DKI Tak Beri Izin Reuni 212 di Monas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Warga DKI Diminta Tetap di Rumah Saat Libur Akhir Tahun
Ilustrasi cuaca buruk. Ist

NASIONAL

Fenomena La Lina Bisa Tingkatkan Curah Hujan Hingga November
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Polda Jabar Tetap Akan Periksa Rizieq Soal Megamendung
Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

NASIONAL

Pelajar dan Guru Sudah Bisa Nikmati Kuota Internet Gratis 2020