Home / NASIONAL

Jumat, 19 Februari 2021 - 17:06 WIB

Ketua MPR Dukung Pemerintah dan Kapolri Berantas Mafia Tanah

Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto/MI

Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh upaya Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam memberantas mafia tanah. Ketegasan Polri dalam memberantas mafia tanah kepada semua pihak harus didukung penuh.

“Kita tidak bisa terus membiarkan kasus mafia tanah terjadi. Mafia tanah harus diberantas untuk keadilan dan kesejahteraan rakyat. Mulai dari korporasi, broker tanah, makelar, penyandang dana hingga aparat pemerintah jika terbukti terlibat,” tegas Bamsoet di Jakarta, Jumat (19/2).

Ketua MPR ini menilai perintah Presiden Jokowi menumpas mafia tanah, bukti pemerintah hadir guna menuntaskan masalah masyarakat terkait hak kepemilikan tanah. Upaya penindakan terhadap mafia tanah, juga perlu diikuti dengan pembenahan sejumlah regulasi dalam pengurusan kepemilikan tanah.

“Pengurusan kepemilikan tanah masih dirasa lambat dan berbelit. Hal ini harus juga dibenahi. Semisal, dengan pemangkasan dan pembenahan birokrasi. Sehingga, masyarakat bisa mengurus kepemilikan tanah dengan cepat serta transparan,” kata Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menuturkan pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menjamin hak kepemilikan tanah masyarakat. Salah satunya melalui program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Program PTSL terdiri dari pengumpulan, pengolahan, pembukuan dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan pemberian tanda bukti untuk bidang tanah yang sudah ada hak di atasnya. Baik itu hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, ataupun hak pakai. Tujuannya untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum atas hak kepemilikan tanah masyarakat,” pungkas Bamsoet.

(mpr)

Share :

Baca Juga

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Antara

NASIONAL

Luhut Hibahkan Tanah 10 Hektare ke NU
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono memberikan keterangan kepada wartawan. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Bakal Patroli Besar-besaran di Papua Jelang HUT OPM
Ilustrasi kebakaran. Ist

NASIONAL

Pasar Cempaka Putih Kebakaran, 18 Damkar Dikerahkan
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam. Foto/MI

NASIONAL

MUI Desak Pemerintah Cabut Perpres Izin Miras
Foto: Kemenkominfo

NASIONAL

Indonesia Serukan Kedaulatan dan Keamanan Data dalam G20 Digital Economy Ministerial Meeting
Halte Transjakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Transjakarta Siapkan Masker dan Wastafel Portabel Khusus Disabilitas
Demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja berujung ricuh. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Sebut Ada 10 Pelaku Demo Positif Covid
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Tolak Vaksin di DKI Terancam Tak Dapat Bansos dan Denda Rp5 Juta