Home / NASIONAL / UMKM

Kamis, 27 Agustus 2020 - 10:46 WIB

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Kembangkan Sektor UMKM

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong kaum muda Indonesia, khususnya di pedesaan, terjun dalam berbagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu dianggap penting karena kontribusi sektor itu terhadap produk domestik bruto sangat besar, yakni 60 persen.

Dia menilai kemampuan UMKM menyerap tenaga kerja sangat signifikan yaitu mencapai 97 persen dari total tenaga kerja. Namun kemampuan UMKM menembus pasar ekspor masih relatif kecil yakni hanya sebesar 14 persen. Di sini lah peran penting pemuda untuk berinovasi mendorong optimalisasi ekspor produk UMKM.

“Potensi pasar ekspor sangat besar, sekitar 7,4 miliar jiwa atau sekitar 28 kali lipat pasar domestik. Dengan demikian, walaupun berusaha di desa, pendapatan bisa melebihi kota, dan pasaran mendunia,” kata Bamsoet, sapaan akrabnya, dikutip dari Antara, Kamis (27/8).

Hal itu dikatakan Bamsoet dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI secara virtual kepada Badan Komunikasi Nasional Desa se-Indonesia (BKNDI), dari Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta. Dia menjelaskan seiring perkembangan zaman yang menghadirkan era digital, geliat perekonomian juga dipengaruhi penggunaan aplikasi teknologi.

Bamsoet mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat pada 2019 transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp17,2 triliun. Artinya, konsumen Indonesia sangat melek digital. Ironisnya, data terakhir yang dihimpun Kementerian Koperasi dan UKM pada 2018, jumlah UMKM yang mampu beradaptasi dan terhubung dengan ekosistem digital baru 13 persen.

“Atau sekitar 8,3 juta dari 64,19 juta unit UMKM,” ujarnya.

Menurut dia, karena pandemi covid-19 dan ketidakmampuan terhubung digital, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) memperkirakan pada akhir Desember 2020, sekitar separuh UMKM di Indonesia akan mengalami kebangkrutan.

Hal itu, menurut dia, menjadi pertanda bahwa menyelamatkan UMKM mutlak dilakukan untuk menjaga perekonomian nasional tidak collapsed. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini memaparkan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2020 akibat pandemi covid-19, berbagai fasilitas untuk UMKM sudah diberikan pemerintah.

“Antara lain Rp34,15 triliun untuk subsidi bunga, Rp28,06 triliun untuk insentif pajak, dan Rp6 triliun untuk penjaminan kredit modal kerja baru. Bantuan tersebut dapat dimanfaatkan generasi muda guna mengembangkan berbagai potensi usaha UMKM di 83.931 wilayah administrasi setingkat desa,” pungkasnya. (med/com)

Sumber: Medcom

Share :

Baca Juga

Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo. Foto/Polri

NASIONAL

Eks Ketum PP Muhammadiyah Beri Selamat Komjen Listyo Sigit
Pekerja pemakaman beristirahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta. Foto/AFP/Adek Berry

NASIONAL

DKI Anggarkan Rp185 Miliar untuk Lahan Makam Covid-19
Cuaca Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG: Hujan Deras Guyur Jakarta Siang Ini
Penjualan pernak-pernik Imlek di Pasar Glodok, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Kasus Kerumunan Imlek PIK Jakarta Kelar Tanpa Sanksi Denda
Tangkapan layar video, detik-detik Bupati Petahana Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Muhdin Mabud pingsan saat orasi politik dihadapan pendukungnya, Jumat (4/9).

NASIONAL

Bupati Halmahera Timur Meninggal Dunia saat Orasi Politik
Ilustrasi virus corona. Foto/Ist

NASIONAL

Bupati Situbondo Meninggal Dunia Akibat Corona
Salah satu aksi demonstrasi Persaudaraan Alumni 212. Foto/Antara

NASIONAL

FPI Cs Gelar Aksi 1812 Hari Ini Tuntut Rizieq Bebas
Letusan Gunung Merapi terlihat dari bungker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/11). Foto/Antara/Rudi

NASIONAL

Waspada, Status Gunung Merapi Naik Jadi Level Siaga