Home / NASIONAL

Kamis, 30 Juli 2020 - 14:16 WIB

Ketua Satgas Covid-19: Iduladha Harus Jadi Momentum Disiplin Protokol Kesehatan

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Istimewa

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Umat Islam akan merayakan Iduladha 1441 Hijriah. Iduladha mengandung makna keikhlasan, kepatuhan, dan semangat berkurban dalam menjalankan perintah yang Mahakuasa.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menjelaskan, semangat keikhlasan, kepatuhan, dan berbagi adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam mengatasi krisis di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap Iduladha bisa menjadi momentum masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Hari raya Iduladha ini harus menjadi momentum untuk kita berdisiplin dan patuh dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujar Doni dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (30/7).

Ia menyebut bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selalu mengingatkan bahwa perjuangan kita dalam mengatasi pandemi Covid-19 belum selesai.

Menurut dia, ada dua hal besar yang saat ini sedang dilakukan oleh Pemerintah yakni aspek pencegahan mencakup penguatan kapasitas testing, tracing, dan treatment. Ditambah sosialisasi, edukasi, dan komunikasi yang masif, serta penyembuhan.

“Saya ingin kembali mengingatkan bahwa selama pandemi masih berlangsung, maka pelaksanaan protokol kesehatan adalah harga mati,” tegas dia.

Untuk itu, Doni berharap agar seluruh masyarakat benar-benar berdisiplin untuk menjaga diri, keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan tempat kerja agar tidak menjadi cluster-cluster baru penularan Covid-19.

Selain itu, Ia pun mengingatkan bahwa pandemi ini telah mengakibatkan terjadinya pemutusan hubungan kerja.

“Maka dari itu, momentum Idul Kurban adalah saat yang tepat untuk kita membangkitkan rasa kebersamaan dan saling berbagi untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang saat ini mungkin berpotensi tidak mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi,” kata dia.

Mewakili Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni pun mengucapkan Selamat Hari Raya Iduladha 1441 Hijriyah. “Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan yang Maha Kuasa,” tutup dia.

Sumber: Info Publik

Share :

Baca Juga

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Menteri Edhy Terjaring OTT KPK, Dugaan Korupsi Ekspor Benur
Perekaman e-KTP. Foto/Antara

NASIONAL

Tak Perlu Salinan e-KTP untuk Verifikasi Data Kependudukan
Ilustrasi token listrik gratis PLN. Foto/Ist

NASIONAL

Token Listrik Gratis Diperpanjang, Bisa Klaim 7 Januari
Foto: Ist

NASIONAL

DPR: Tak Ada Pengesahan RUU HIP dan Omnibus Law
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri menyatakan telah mencopot Kompol YP dari jabatan Kapolsek Astanaanyar karena diduga terlibat dan mengonsumsi narkoba bersama belasan anggotanya. Foto/Istimewa

NASIONAL

Tertangkap Narkoba, Kapolsek Astanaanyar Bandung Dicopot
Moda transportasi di DKI Jakarta commuter line (KRL). Foto/Ist

NASIONAL

Jadwal KRL Normal Seperti Sebelum Pandemi Mulai Hari Ini
Warga di kota DKI Jakarta. Foto/ANTARA

NASIONAL

DKI Tingkatkan Kualitas Jaminan Kesehatan bagi Warga
Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

NASIONAL

14.722 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta