Home / KESEHATAN

Jumat, 5 Maret 2021 - 12:07 WIB

Khasiat Lain dari Buah Naga Selain untuk Diet

Ilustrasi buah naga. Foto/Istimewa

Ilustrasi buah naga. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Buah naga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Lantas, apa manfaat buah naga? Kandungan buah naga itu penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Mengutip dari Lifehack, buah naga adalah salah satu jenis buah yang mengandung sedikit kalori. Hanya terdapat 60 kalori dalam satu buah tersebut. Artinya, tubuh lebih mudah untuk mencerna buah naga sehingga nutrisi pun bisa terserap secara maksimal.

Jumlah kalori itu juga menunjukkan bahwa buah naga cocok dimasukkan dalam menu diet sehat. Anda akan merasa kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat berkurang. Selain cocok dijadikan menu diet, masih banyak lagi manfaat lain yang dimiliki buah naga.

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Supaya hal itu tak terjadi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, misalnya buah naga.

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker atau penyakit lain. Tidak berhenti sampai di situ, manfaat buah naga berasal dari kandungan seratnya. Serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

Mencegah Tanda Penuaan

Selain menyebabkan berbagai jenis penyakit, radikal bebas dapat memunculkan tanda-tanda penuaan di kulit. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari buah naga dan madu. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin supaya Anda bisa mendapat hasil maksimal.

Obat Jerawat

Khasiat buah naga yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis buah itu cocok dijadikan obat jerawat. Anda hanya perlu mengolah buah naga menjadi pasta lalu aplikasikan pada area kulit yang berjerawat. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut dua kali sehari agar jerawat bisa cepat hilang.

Mengatasi Diabetes

Manfaat buah naga lainnya berguna untuk penderita diabetes. Lifehack mengatakan bahwa serat dalam buah naga mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter supaya tak mengalami efek samping.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk jantung. Tak hanya itu, kandungan dalam buah naga juga mampu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh.

Infografis khasiat buah naga selain untuk diet. Infografis/Beritanusa/Radhea Heqamudisa

Infografis khasiat buah naga selain untuk diet. Infografis/Beritanusa/Radhea Heqamudisa

(kon/tan/lif)

Share :

Baca Juga

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Deretan Manfaat Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi penyakit jantung. Foto/Ist

KESEHATAN

Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai
Simulasi penanganan pasien covid-19. Foto/Antara

KESEHATAN

Kemenkes Ungkap Alasan Biaya Pasien Covid Rp184 Juta
Ilustrasi sulit bernapas. Foto/Freepik

KESEHATAN

5 Gejala Strain Baru Covid Wajib Segera Ditangani
Bawang putih. Ist

KESEHATAN

7 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi
Pengambilan sampel darah. Foto/AFP

KESEHATAN

Mengenal Rapid Test Antigen yang Jadi Syarat ke Bali-DKI
Ilustrasi minum soda. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Bahaya Keseringan Minum Soda
Ilustrasi kesemutan. Foto/Istimewa

KESEHATAN

4 Gejala Fisik Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi