Home / NASIONAL / PARIWISATA

Senin, 28 September 2020 - 15:13 WIB

Kominfo Dukung Labuan Bajo sebagai Daerah Pariwisata Super Prioritas

Destinasi pariwisata Labuan Bajo. Foto/Ist

Destinasi pariwisata Labuan Bajo. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kominfo Jhonny G Plate menyebutkan hasil monitoring quality of service (QoS) cakupan layanan internet di Indonesia yang dilakukan Kementerian Kominfo dan operator seluler. Dari 83 ribu lebih desa dan kelurahan di Indonesia masih terdapat 12 ribu desa dan kelurahan yang belum tersedia layanan sinyal 4G.

“Yang dikenal bapak kepala desa sebagai blankspot, titik atau cakupan yang belum tersedia layanan internet sebanyak 9.113 titik, termasuk di NTT,” ujarnya saat memberikan paparan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Dukungan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Pariwisata Super Prioritas Provinsi Nusa Tenggara Timur, di Manggarai Barat.

Dikatakannya pula Provinsi NTT, masih terdapat 645 desa dan kelurahan blankspot yang belum terjangkau sinyal 4G. Pembangunan BTS untuk mengurangi daerah blankspot akan dibagi dalam dua kategori.

“542 desa dan kelurahan yang menjadi wilayah kerja BLU BAKTI Kominfo (untuk pembangunannya). Ini yang masuk daerah 3T. Dan sisanya 103 desa dan kelurahan non-3T yang menjadi wilayah kerja mitra Kominfo, yakni operator seluler,” jelasnya.

Percepatan pembangunan infrastruktur TIK di Manggarai Barat menurut Menteri Kominfo dilakukan untuk mendukung realisasi Labuan Bajo sebagai salah satu dari Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Yang sekaligus akan menjadi tuan rumah bagi pagelaran internasional, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 dan ASEAN Summit 2023,” ujarnya.

Manggarai Barat super prioritas

Kawasan Manggarai Barat menurut Menteri Kominfo telah ditetapkan Presiden sebagai Destinasi Super Prioritas dan akan dibangun pula Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

“Dibangun Community Based Tourism agar masyarakat bisa mengambil bagian dalam pengembangan wisata di kawasan ini,” tegasnya.

Dari lima arahan Presiden mengenai transformasi digital, Menteri Johnny menyatakan saat ini yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo di Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas merupakan upaya menjalankan arahan.

“Soal transformasi digital salah satunya menyelesaikan deployment akses infrastruktur TIK sampai the last mile dimana pelayanan administrasi pemerintahan dan pemukiman masyarakat berada,” jelasnya.

Menteri Kominfo menyatakan akselerasi transformasi digital juga dilakukan dengan empat langkah lain berkaitan dengan roadmap sektor strategis, legislasi primer, sumberdaya manusia digitial, atau digital talent, dan manajemen sumberdaya atau farming/refarming frekuensi radio.

“Saya datang ke sini bukan hanya untuk Manggarai Barat, tapi saya datang ke NTT bagian dari 34 provinsi Republik ini agar tidak ada sejengkal tanah pun yang tidak menjadi bagian dari Indonesia. Jadi untuk mempersiapkan Indonesia, menyelesaikan tugas yang dimandatkan Presiden untuk menghadirkan sinyal 4G di seluruh wilayah tanah air,” jelasnya.

Menteri Kominfo mengharapkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi didukung dengan bauran pembiayaan. “Dari rupiah murni APBN, PNBP, dan Dana USO. Beberapa hari lalu saya rapat kerja dengan Komisi I DPR RI membicarakan dengan RKAKL Kominfo 2021. Pembiayaan sudah tertampung di sana,” tuturnya.

(rls/kom)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi: Semoga Santri Bisa Jaga NKRI
Petugas menuntun sepeda motor saat banjir menggenangi wilayah Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Sudah Lebih 6 Jam Banjir DKI Belum Surut Lewati Target Anies

NASIONAL

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Dorong Lima Sektor Prioritas
Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara saat menyerahkan diri ke KPK. Foto/Tangkapan layar

NASIONAL

KPK Perika 5 Saksi Terkait Korupsi Bansos Covid
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ist

NASIONAL

Anies Izinkan 11 Sektor Bisnis Tetap Beroperasi Saat PSBB Total
Ilustrasi UMKM. Foto/Ist

NASIONAL

RUU Cipta Kerja Segera Disahkan, Ini Dampak Bagi UMKM
Abu Bakar Baasyir (tengah). Foto/Antara

NASIONAL

Abu Bakar Ba’asyir Bebas Murni Hari Ini