Home / EKONOMI

Jumat, 25 September 2020 - 12:38 WIB

Komisi X DPR RI Setujui Anggaran Kemendikbud 2021 Rp81,53 T

Komisi X DPR RI telah menyetujui pagu definitif Kemendikbud. Foto/Kemendikbud

Komisi X DPR RI telah menyetujui pagu definitif Kemendikbud. Foto/Kemendikbud

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisi X DPR RI telah menyetujui pagu definitif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp81,534 triliun.

Persetujuan komisi X disampaikan oleh seluruh fraksi yang diwakili oleh para ketua kelompok fraksi pada rapat kerja Kemendikbud dengan Komisi X DPR RI dengan agenda Pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kemendikbud Tahun Anggaran 2021 bersama Komisi X DPR RI, di Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu (23/9).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasi kepada anggota Komisi X DPR RI yang telah menyetujui pagu definitif Kemendikbud.

“Terima kasih Bapak/Ibu untuk persetujuan terhadap anggaran 2021. Semoga kita bisa semakin tangguh di masa pandemi ini,” ujar Mendikbud, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbud di Jakarta, Kamis (24/9).

Anggota Komisi X DPR RI dan Kemendikbud sepakat bahwa program-program strategis nasional yang bermanfaat bagi rakyat pada umumnya, serta program-program yang sangat dibutuhkan masyarakat di kabupaten/kota tertentu akan lebih diperhatikan berdasarkan masukan dari pemangku kepentingan pendidikan.

Merujuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Kebijakan Belanja Kementerian/ Lembaga Tahun 2021, Kemendikbud berkomitmen pada mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na`im menjelaskan bahwa yang menjadi prioritas nasional yaitu memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, dan revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

Selanjutnya, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim, dan memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

(rls/pen/bud)

Share :

Baca Juga

Suasana pembangunan kompleks perumahan bersubsidi di Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1). Foto/Antara

EKONOMI

BI Berlakukan DP KPR Nol Persen Mulai 1 Maret
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. Foto/BPMI

EKONOMI

Presiden Jokowi Resmikan KRL Yogya-Solo
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Pengawasan OJK Terhadap Industri Jasa Keuangan Masih Lemah
PT Pertamina (Persero) memberikan potongan harga sebesar Rp300 per liter untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Dexlite sepanjang Maret 2021. Foto/MI

EKONOMI

Pertamax dan Dexlite Diskon Rp300 Per Liter
Presiden Joko Widodo menghadiri dan menyampaikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu, 21 November 2020. Foto/BPMI/Setpres

EKONOMI

Jokowi Singgung UU Ciptaker dan Ekonomi Hijau di KTT G20
Ilustrasi proyek infrastruktur. Foto/Antara/Dhemas Reviyanto

EKONOMI

PUPR Lelang Dini 4.060 Paket Infrastuktur Senilai Rp46 T
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Menparekraf Sandiaga Uno Resmi Berkantor di Bali
Ilustrasi--Saham. Foto/MI

EKONOMI

3 Langkah Mudah Buka Rekening Saham