Home / NASIONAL / PARIWISATA

Kamis, 1 Oktober 2020 - 10:33 WIB

Konten Animasi untuk Optimalkan Pariwisata Daerah

Tangkapan layar Kemenpzrekraf.

Tangkapan layar Kemenpzrekraf.

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pemanfaatan konten animasi yang dikemas secara menarik untuk mengoptimalkan potensi pariwisata daerah. Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan daya tarik wisata daerah.

Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf Wawan Rusiawan, mengatakan bahwa untuk mengemas konten animasi yang bertujuan mengembangkan potensi pariwisata daerah diperlukan kecermatan dalam melihat peluang yang ada.

“Animasi di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. Untuk itu, baik pemerintah maupun pelaku usaha kreatif harus saling bersinergi menciptakan harmonisasi guna melihat berbagai peluang. Sehingga, ke depan peluang tersebut bisa diimplementasikan,” kata Wawan saat membuka acara BISMA (Bincang Inklusif Seputar Metadata) yang bertajuk “Pengemasan Konten Animasi Berbasis Potensi Pariwisata Daerah”, Rabu (30/9).

Untuk itu, Kemenparekraf menggelar acara BISMA sebagai kegiatan yang mewadahi para pelaku usaha parekraf untuk dapat berdiskusi mengenai berbagai macam peluang serta berbagi pemahaman dan pengetahuan terkait cara mengemas konten animasi yang baik dan menarik dalam meningkatkan potensi pariwisata daerah.

Talkshow ini menghadirkan dua narasumber, yakni Kreator dan Penulis Skrip Si Juki Faza Ibnu dan Ketua Asosiasi Industri Animasi Indonesia Daryl Wilson.

Kreator dan Penulis Skrip Si Juki Faza Ibnu mengatakan budaya pop terutama animasi dapat memberikan dampak kepada pariwisata di sebuah negara atau daerah. Seperti di Jepang yang memiliki maskot untuk setiap daerahnya.

Fungsi dari maskot ini sangat beragam, antara lain sebagai instrumen untuk menyampaikan informasi dari pemerintah, sosialisasi program, sekaligus karakter yang dapat dijadikan suvenir atau merchandise khas yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kreatif di daerah tersebut.

“Melalui pengembangan maskot ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di setiap daerah bisa memanfaatkan karakter tersebut sebagai peluang bisnis,” kata Juki.

Salah satu maskot yang sukses di Jepang adalah Kumamon. Hanya dalam waktu dua tahun, Kumamon telah menghasilkan keuntungan ekonomi sebesar 1,2 miliar dolar AS untuk wilayahnya, termasuk pariwisata dan penjualan produk, serta publisitas senilai 90 juta dolar AS. Menurut studi Bank of Japan penjualan merchandise Kumamon telah mencapai 29,3 miliar yen pada 2012.

“Dari studi kasus tersebut, terlihat beberapa peluang yang bisa diimplementasikan dalam meningkatkan pariwisata daerah di Indonesia, antara lain melakukan branding pariwisata daerah dengan menggunakan karakter animasi nasional. Lalu, pemerintah daerah dapat melakukan kolaborasi dengan kreator lokal, serta pemerintah daerah menginisiasi maskot di setiap daerah wisata,” ujar Faza.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Industri Animasi Indonesia Daryl Wilson mengatakan, harus ada regulasi yang mendukung terkait konten animasi, seperti misalnya pemerintah daerah mendukung penggunaan brand karakter secara gratis bagi pengusaha lokal daerah dan membatasi penggunaan brand karakter oleh perusahaan asing dengan hak dan kewajiban yang ketat dan jelas.

“Selain itu, pemerintah daerah juga menyediakan fasilitas pemasaran berlokasi strategis dengan biaya rendah bahkan gratis bagi pengusaha lokal yang nantinya menggunakan brand karakter ini,” kata Daryl.

Daryl juga menjelaskan banyak sekali potensi daerah di Indonesia yang bisa digunakan menjadi konten animasi, mulai dari warisan budaya, pahlawan nasional, peristiwa sejarah, cerita rakyat, upacara adat, hingga pakaian tradisional.

“Jika kita bisa kelola atau kurasi bersama, lalu merumuskan strategi dalam pengemasan dan penciptaan konten animasi, maka banyak manfaat yang bisa diperoleh pariwisata daerah. Hal ini tidak hanya terkait mempromosikan destinasi saja tetapi bisa mengangkat budaya lokal Indonesia. Sehingga, konten animasi ini menjadi salah satu strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan potensi wisata daerah apabila dioptimalkan dengan baik,” tandasnya.

(kem/par)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Ist

NASIONAL

PSBB Wilayah Bodebek Diperpanjang Lagi hingga 25 November
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Basarnas Perpanjang Masa Pencarian Sriwijaya SJ 182
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kegiatan Trip of Wonders. Foto/Kemenparekraf

NASIONAL

Ajang Promosi Wisata Berbasis CHSE, Kemenparekraf Gelar Trip of Wonders
Ilustrasi bahan pokok. Foto/Ist

NASIONAL

Semua Harga Bahan Pokok Naik Akhir September
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. Foto/Ist

NASIONAL

Polri: Oknum Anggota yang Terlibat Narkoba Harus Dihukum Mati
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

KPK: 17 Orang Ditangkap, Termasuk Menteri Edhy Prabowo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Ist

NASIONAL

Ada 7 Zona Merah di Jabar, Tiga diantaranya Gelar Pilkada
Ilustrasi minuman keras. Foto/MI

NASIONAL

PBNU & Muhammadiyah Tolak Izin Investasi Miras