Home / NUSANTARA

Jumat, 5 Februari 2021 - 11:03 WIB

Kota Bogor Terapkan Ganjil-Genap di Akhir Pekan

Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Sistem Satu Arah di jalan Oto Iskandardinata (Otista), Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5). Foto/Antara

Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Sistem Satu Arah di jalan Oto Iskandardinata (Otista), Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5). Foto/Antara

KOTA BOGOR, BERITANUSA.id – Pemerintah Kota Bogor bakal menerapkan kebijakan ganjil-genap setiap akhir pekan bagi kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mengurangi mobilitas warga di tengah peningkatan kasus virus corona baru.

Kebijakan ganjil-genap tersebut akan mulai berlaku pada Sabtu, 6 Februari 2021 di ruas jalan utama Kota Bogor. Tapi sebelumnya, Pemkot Bogor akan melakukan sosialisasi pada Jumat, 5 Februari 2021.

Angka ganjil genap diambil dari nomor akhir pelat mobil dan motor dan disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut.

Misalnya, kendaraan berplat F 1234 A atau B 5678 DKI. Kalau melihat dari angka terakhir pelat nomor yaitu 4 dan 8, maka kendaraan tersebut bisa melintas di tanggal genap.

“Kami Forkopimda sepakat untuk diberlakukan kebijakan ganjil genap di Kota Bogor untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama 14 hari ke depan,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya, seperti dikutip Instagram Pemkot Bogor.

“Namun, kami memahami perlu ada proses sosialisasi. Jumat, 5 Februari masih sosialisasi. Mulai Sabtu (6/2) dan Minggu (7/2) besok, seluruh mobil dan motor bisa mematuhi ini,” ujar dia.

Jadwal pemberlakuan ganjil-genap

Menurut Bima Arya, Pemkot Bogor tidak mungkin menyekat total kendaraan. “Kita tidak mungkin menyekat total Kota Bogor, tidak mungkin lockdown total. Karena itu, metode ganjil genap ini kami rencanakan untuk mengurangi mobilitas warga,” sebutnya.

Tentunya, Bima bilang, pelaksanaan ganjil genap memerlukan konsentrasi, pengawasan yang sangat luar biasa. “Karena itu, Insya Allah, kami aparatur, mulai dari Dishub, Satpol PP, TNI/Polri akan mengerahkan sumber daya semaksimal mungkin,” kata dia.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menegaskan, siap mendukung semua kebijakan Pemkot Bogor terkait upaya menekan mobilitas warga yang tinggi. Salah satunya dengan penerapan ganjil genap bagi kendaraan.

“Akan ada checkpoint. Checkpoint akan kami berlakukan untuk melakukan pemeriksaan, termasuk juga untuk memutarkan kendaraan. Yang tidak sesuai antara pelat nomor dan tanggal ganjil atau genap, kami imbau untuk tidak masuk ke Kota Bogor,” ujar Susatyo..

Berikut pemberlakuan ganjil-genap di Kota Bogor:

  • Sabtu, 6 Februari 2021
  • Minggu, 7 Februari 2021
  • Jumat, 12 Februari 2021
  • Sabtu, 13 Februari 2021
  • Minggu, 14 Februari 2021

Aturan ini tidak berlaku bagi ambulans, pemadam kebakaran, angkutan umum, kendaraan dinas pemerintah, dan kendaraan tertentu.

(tan)

Share :

Baca Juga

Sebagian wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikepung banjir sejak Kamis (14/1). Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter lebih. Jalur transportasi utama yang terputus sudah bisa dilalui. Foto/Antara

NUSANTARA

Banjir Masih Kepung Kalimantan Selatan
Demo mahasiswa Papua di depan Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (14/7/2020). Foto/Jubi

NASIONAL

Mahasiswa Papua Demo Tolak Perpanjangan Otsus
TINGGINYA curah hujan di sejumlah wilayah di Riau menyebabkan luapan air. Sebanyak 2.949 rumah dan 1.513 hektare sawah terendam banjir di Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. Foto/Antara

NUSANTARA

Warga Sukabumi Terancam Bencana Pergerakan Tanah
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Foto/MI

NASIONAL

Pemprov Jabar Ajukan Tiga Calon Kabupaten Baru
Sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Tangerang. ist

NUSANTARA

Tekan Covid di Tangerang, TNI-Polri Cek Protokol Kesehatan
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Istimewa

NUSANTARA

Tutup Sespimti dan Sespimmen Polri 2020, Kapolri: Jadi Agent of Change
Warga berdiri di depan rumahnya terendam banjir di Desa Hasan Kareueng, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh, Senin (16/12/2019). Foto/Antara

NUSANTARA

Banjir di Kabupaten Aceh Timur Rendam 226 Desa
Pasar Ikan Modern. Foto/Ist

EKONOMI

Menteri Edhy Resmikan Pasar Ikan Modern di Palembang