Home / NASIONAL

Kamis, 16 Juli 2020 - 16:57 WIB

KPK Serahkan Aset Senilai Rp36 Miliar Ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang

Gedung KPK. Foto: Ist

Gedung KPK. Foto: Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan aset berupa dua bidang tanah senilai Rp36,9 miliar kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Proses serah terima dua aset ini diselenggarakan di Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melakukan penyerahan ini secara langsung ke Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Alexander Marwata mengatakan penyerahan aset kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang adalah sebagai upaya memaksimalkan penggunaan aset negara sebagai bagian dari pemulihan aset.

“Ini bagian dari penuntasan tugas KPK dalam penanganan perkara, yakni pelacakan yang kemudian berujung kepada pemulihan aset, sehingga pengembalian keuangan negara bisa lebih maksimal,” ujar Alexander Marwata.

Dua aset tanah yang diserahkan ini, berada di Jakarta dan Madiun, yang merupakan barang rampasan dari dua perkara yang berbeda.

Satu bidang tanah yang pertama bernilai Rp26.883.599.000. Tanah ini terletak di Jalan Paso Rt.005 Rw.04 Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan dengan luas tanah 3.201 meter persegi. Aset ini adalah barang rampasan negara dalam perkara dengan terpidana Djoko Susilo.

Setelah diserahkan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang, aset ini akan dijadikan Kantor Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang DKI Jakarta.

Bidang tanah yang lain, bernilai Rp10.054.766.000. Tanah ini terletak di Jalan Sikatan Nomor 6 Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur, dengan luas tanah 4.002 meter persegi dengan dua bangunan dengan luas 320,5 meter persegi 148,5 meter persegi. Aset ini adalah barang rampasan negara dalam perkara dengan terpidana Bambang Irianto.

Setelah diserahkan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang, aset ini akan dijadikan Kantor Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang Kota Madiun. (rls/kpk)

Share :

Baca Juga

KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

Tersangka Korupsi Bansos Harus Dihukum Seberat-beratnya
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo argono (tengah) menjelaskan penemuan alat berupa sea glider saat konferensi pers di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Pengawasan Kapal Riset Diperketat Usai Temuan Seaglider
Ilustrasi bulan Desember. Foto/Ist

NASIONAL

Jadwal Lengkap Cuti Bersama Desember 2020
Menteri Kesehatan Terawan. Foto/Ist

NASIONAL

Menkes: Pemerintah Pastikan Layanan dan Sistem Kesehatan Tetap Berjalan
Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Foto/Antara

NASIONAL

2.630 Tenakes Wisma Atlet Mulai Divaksin
Progres Jakarta International Stadium. Foto/Kumparan

NASIONAL

Konsep Green Building, Jakarta International Stadium Bakal Manfaatkan Air Hujan
Moda transportasi di DKI Jakarta commuter line (KRL). Foto/Ist

NASIONAL

Berikut Jam Operasional Moda Transportasi di Jakarta Selama PSBB Transisi
Vaksin virus Corona. Foto/Ist

NASIONAL

Desember, Vaksin Merah Putih Unair Masuki Uji Hewan