Home / NASIONAL

Rabu, 30 Desember 2020 - 14:09 WIB

KPK Siap Kawal Penyaluran Bansos Covid 2021

KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah telah memastikan penyaluran bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 akan dilanjutkan pada tahun 2021. Skema penyaluran bansos tersebut berlaku mulai Januari hingga Juni 2021.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengaku pihaknya telah menjalankan tiga pendekatan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) terkait penyaluran bansos. Mulai dari pendekatan pendidikan, pencegahan dan penindakan.

“Sebenarnya pencegahan KPK ke bansos itu sudah melewati banyak hal. Kami dari awal pada saat penentuan kebijakan kami hadir, kemudian mengerem bagaimana agar tidak terjadi tindakan korupsi,” ujar Ghufron dalam sebuah diskusi secara virtual, Selasa (29/12).

“Bahkan kemudian kami sidak beberapa kali ke Kemensos bahkan secara personal kami diundang ke rapat juga kemudian membekali supaya berintegritas,” sambungnya.

Ghufron pun memastikan KPK akan mengawal penyaluran bansos pada 2021 nanti dengan tiga pendekatan tersebut. Sebab, saat ini lembaga anti rasuah itu tidak hanya berfokus pencegahan ataupun penindakan saja.

“KPK saat ini tidak fokus pada cegah, tidak, tapi KPK saat ini fokus pada tiga hal itu, penindakan supaya takut. Tapi kemudian kami juga mengerem bagaimana sistemnya kemudian tidak bisa untuk korup dan kepada orangnya sadar diri,” tuturnya.

(sos/kpk)

Share :

Baca Juga

Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG Peringatkan Hujan dan Petir di Jakarta Jelang Siang
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Perkiraan Vaksinasi Covid-19 Mulai Februari 2021
Gedung KPK yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Rencana KPK Tuntut Mati Edhy Prabowo dan Juliari Batubara
Siswa melaksanakan simulasi UNBK Foto/Antara

NASIONAL

UN 2021 Ditiadakan, Siswa Lulus Ditentukan Rapor
Pekerja memindahkan paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Puluhan Ribu Paket Bansos Covid Terbengkalai di Pulogadung
Polda Sulut berhasil mengungkap 5 kasus dalam waktu 11 hari, mulai 7-18 November 2020. Foto/IstPolda Sulut berhasil mengungkap 5 kasus dalam waktu 11 hari, mulai 7-18 November 2020. Foto/Ist

NASIONAL

Polda Sulut Ungkap 5 Kasus Narkoba Dalam 11 Hari
Polda Kalsel evakuasi warga korban banjir. Foto/Polri

NASIONAL

BNPB Ungkap Ada 197 Bencana Sepanjang Awal 2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka proses seleksi untuk Program Guru Penggerak untuk gelombang kedua. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Buka Seleksi Program Guru Penggerak Gelombang Kedua