Home / NASIONAL

Selasa, 22 Desember 2020 - 15:02 WIB

KPK Sita 5 Mobil dan Uang Rp16 Miliar Kasus Benur Edhy Prabowo

Kantor KPK. Foto/Tirto

Kantor KPK. Foto/Tirto

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita lima mobil dan uang senilai Rp16 miliar dari kasus korupsi terkait penetapan izin ekspor benih lobster atau benur yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo.

“Uang disita memang tidak jauh kurang lebih ada sekitar Rp16 miliar sampai dengan saat ini dan sudah dimasukkan di rekening penampungan. Mobil ada lima unit,” ujar Pelaksana Harian Deputi Penindakan KPK, Setyo Budiyanto dalam keterangannya, Senin (21/12).

Setyo menerangkan, jumlah uang yang disita itu berasal dari penggeledahan dan pemeriksaan sejumlah saksi maupun tersangka. Total ada 48 pemeriksaan terkait perkara ini.

Sementara perihal mobil, ia tidak menjelaskan lebih jauh kaitannya dalam kasus ekspor benih lobster.

“Untuk uang yang disita dari pihak-pihak yang sudah muncul dalam pemeriksaan. Ini dari pemeriksaan tentu kita lakukan proses penyitaan sesuai aturan berdasarkan BAP saksi, tersangka, kemudian ditambah lagi saat proses penggeledahan,” terang dia.

Lebih lanjut, Setyo mengungkapkan penyidik juga sudah menyita total sembilan sepeda yang satu di antaranya berasal dari pembelian di Amerika Serikat.

“Delapan (sepeda) di rumah dinas dan satu yang dibawa dari Amerika Serikat dan beberapa barang mewah yang terdiri dari jam tangan, tas, dan lainnya,” pungkas Setyo.

Dalam kasus dugaan korupsi izin ekspor benih lobster atau benur, KPK telah menetapkan total tujuh tersangka. Menteri KKP nonaktif Edhy Prabowo termasuk satu di antaranya.

Edhy disangkakan melanggar Pasal 12 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango memastikan petugasnya membuka peluang untuk mengembangkan perkara dan menetapkan pihak lain sebagai tersangka.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Pendakwah sekaligus Pembina Yayasan Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar. Foto/Antara

NASIONAL

Aa Gym Minta Jokowi Jadi Penerima Vaksin Pertama
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Foto/Istimewa

NASIONAL

Menggapai Mimpi Jakarta Sehat, Jakarta Aman
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BPBD DKI: Peringatan Dini Cuaca di Wilayah Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Membuka acara Musyawarah Nasional Alim Ulama sekaligus Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2019. Foto/BPMI

NASIONAL

Cabut Perpres Miras, PBNU: Presiden Jokowi Sangat Bijak
Korps Brimob. Foto/MI

NASIONAL

2.690 Personel Brimob Dikerahkan Kawal Aksi 1812 FPI Cs
Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif. Foto/MI

NASIONAL

Ketum PA 212: Saya Cuma Jadi Peserta di Aksi 1812
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Ist)

EKONOMI

Menkeu Sampaikan Realisasi APBN 2020 Semester I ke DPR
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Listyo Sigit Rumuskan Program 100 Hari Kerja