Home / NASIONAL

Kamis, 8 Oktober 2020 - 14:01 WIB

Kunjungi Kalteng, Jokowi Fokus Food Estate di Lahan 30 Ribu Ha

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan mengembangkan lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah di lahan seluas 30 ribu hektare (Ha) untuk tahun ini. Pembangunan food estate dilakukan di dua wilayah di Kalimantan Tengah, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

“Pengembangan di Kabupaten Pulang Pisau dilakukan di lahan seluas 10 ribu Ha dan Kabupaten Kapuas di lahan 20 ribu Ha. Total di provinsi Kalimantan Tengah untuk 2020 adalah 30 ribu Ha,” ucap Jokowi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/10).

Pengembangan food estate, kata Jokowi, akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini. Secara keseluruhan, total lahan food estate di Kalimantan Tengah mencapai 168 ribu Ha.

Jokowi bilang proses pengembangan food estate menggunakan teknologi modern, seperti drone dan traktor apung. Ini dilakukan mengingat lahan yang bisa digarap terbilang luas.

“Pemupukan kami memakai drone. Kemudian, untuk membajak sawah memakai traktor apung. Ini traktor khusus dan dipakai tadi saya tanya 1 hari bisa 2 ha,” imbuhnya.

Selain itu, bukan hanya padi yang akan dikembangkan di Food Estate. Melainkan juga beberapa komoditas lain, seperti jeruk, bawang merah, dan kelapa.

“Kami harapkan nanti hasilnya bukan hanya padi, tapi juga ada jeruk, kelapa, lalu bawang merah tadi,” terangnya.

Pemerintah, sambung Jokowi, juga akan melakukan budidaya ikan. Hal ini karena sumber air di wilayah food estate melimpah.

“Dengan cara-cara ini, kami harapkan pendapatan petani akan naik, tidak hanya dari padi tapi juga dari jeruk, bawang merah, kelapa, dan ikan,” jelas Jokowi.

Sebagai informasi, pemerintah sedang fokus membangun food estate di Kalimantan Tengah, yakni Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, serta Sumatera Utara di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Setelah pembangunan di dua provinsi selesai, Jokowi berencana untuk memperluas pembangunan food estate hingga ke Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

(cnn/idn/set)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi virus corona.

NASIONAL

Update Kasus Corona 5 Agustus: 116.871 Positif, 73.889 Sembuh
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

KPK Tetapkan Empat Tersangka Baru Terkait Korupsi e-KTP
Kementerian Dalam Negeri RI. Foto/Ist

NASIONAL

Covid-19 Tak Halangi Jalannya Pemerintahan di Daerah
Ibu-ibu dalam antrean sembako. Ist

NASIONAL

Program Kartu Sembako untuk 18,5 Juta KPM Tak Efektif
Seminar Pengawalan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju. Foto/TNI

NASIONAL

TNI-Polri Konsepkan Pengawalan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju
Suasana MRT Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Operasional MRT Hanya Sampai Pukul 20.00 Mulai Besok
Bioskop di Jakarta kembali dibuka. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop Cinema XXI di Jakarta Mulai Dibuka Senin
Ilustrasi hacker. Foto/Thinkstock

NASIONAL

BSSN Ungkap Serangan Siber Naik Tiga Kali Lipat Selama 2020