Home / NASIONAL

Jumat, 25 September 2020 - 10:18 WIB

Lokasi Pengungsian Dikhawatirkan Jadi Klaster Baru Corona

JAKARTA, BERITANUSA.id – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masuknya musim penghujan di berbagai daerah berisiko terhadap penularan virus corona. Menurut dia, dengan musim hujan tiba maka bisa menyebabkan bencana banjir yang membuat banyak orang mengungsi.

“Kebersihan lokasi pengungsian akan menjaga para pengungsi dari penyakit-penyakit lainnya yang bisa disebabkan oleh musim hujan seperti demam berdarah, tifus, diare dan penyakit kulit. Semua penyakit ini dapat menurunkan imunitas sehingga masyarakat rentan tertular Covid-19,” kata Wiku dalam keterangan resminya, Jumat (25/9).

Wiku menyebut, jika tidak memungkinkan untuk menjaga jarak, maka sebisa mungkin pemerintah setempat memastikan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, lanjut dia, sinar matahari cukup dan memastikan kebersihan lokasi pengungsian menjadi penting dalam mencegah klaster baru Covid-19.

“Masyarakat yang terdampak banjir harus tinggal di lokasi pengungsian sehingga terjadi kerumunan di lokasi-lokasi tersebut. Lokasi pengungsian berpeluang menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” sebut Wiku.

Untuk itu, kata Wiku, masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan apabila mengungsi akibat banjir. Ia menyarankan agar masyarakat tetap menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

“Namun, kedisiplinan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan yang ketat dapat menekan penularan tersebut,” kata Wiku.

(heq)

Share :

Baca Juga

Banjir ibu kota Jakarta. Foto/BPBD DKI

NASIONAL

Banjir Setinggi 150 Sentimeter Genang Wilayah DKI
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mewanti-wanti semua pihak yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan Indonesia. Foto/TNI

NASIONAL

Panglima: Ganggu Persatuan Akan Berhadapan dengan TNI
Ilustrasi pasien Covid-19 di Wuhan , China. Foto/Ist

NASIONAL

Covid Terus Melonjak, RS di Indonesia Terancam Kolaps
Penambahan Perjalanan KA Jarak jauh: Kereta jarak jauh tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Foto/Liputan 6

NASIONAL

KAI Siapkan 231.814 Kursi untuk Libur Akhir Tahun
Vaksin covid-19 produksi Sinovac. Foto/AFP

NASIONAL

RI Borong 426 Juta Vaksin Covid
Ilustrasi vaksin corona. Foto/AFP

NASIONAL

Update Corona 20 Januari: Tambah 12.568, Positif 939.948
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Puncak Musim Hujan Januari-Februari 2021
Gempa Mamuju. Foto/Antara

NASIONAL

Total Kerugian Gempa Sulbar Capai Rp829,1 Miliar