Home / NASIONAL

Senin, 4 Januari 2021 - 19:39 WIB

LTMPT Beri Waktu Sampai 15 Januari Urus Kendala Data

Peserta mengikuti UTBK-SMBTN di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Pondok Labu, Jakarta, Senin (6/7). Foto/MI

Peserta mengikuti UTBK-SMBTN di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Pondok Labu, Jakarta, Senin (6/7). Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan waktu hingga 15 Januari mendatang bagi siswa dan sekolah untuk melakukan perbaikan data untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Masa perbaikan atau sanggah hingga 15 Januari itu diberikan untuk mengatasi persoalan registrasi LTMPT SNMPTN 2021, termasuk terkait siswa yang bisa ikut adalah yang sekolahnya telah ditetapkan berdasarkan akreditasi.

“Pengumuman kuota (siswa yang dapat mengikuti SNMPTN per sekolah) sejak 28 Desember. Layanan masa sanggah paling lambat hari Jumat, 15 Januari,” kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih melalui siaran langsung di Youtube LTMPT Official, Senin (4/1).

Untuk mengikuti SNMPTN, siswa dan sekolah harus mendaftarkan diri pada akun LTMPT. Namun tidak semua siswa dapat mengikuti seleksi tersebut.
Jumlah siswa yang bisa mengikuti ditetapkan oleh LTMPT berdasarkan akreditas sekolah.

Data tersebut dapat diakses melalui laman https://ltmpt.ac.id pada submenu Kuota Sekolah. Jika terdapat perbedaan data atau kesalahan kuota yang telah ditetapkan, sekolah dapat mengajukan kendala tersebut ke LTMPT sebelum waktu yang ditetapkan.

Nasih menegaskan siswa maupun sekolah tidak bisa memperbaiki kesalahan data jika sudah lewat batas waktu. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, persoalan itu adalah yang kerap dipertanyakan calon peserta saat registrasi LTMPT SNMPTN 2021.

“Pengalaman tahun lalu masa sanggah tidak digunakan. Ketika proses sudah jauh ternyata ada kendala tertentu baru komplain,” tutur Nasih.

“Jadi kami berharap, perbaikan data awal betul-betul dilakukan dan dimanfaatkan waktu sampai 15 Januari 2021 pukul 15.00 (WIB). Sanggah setelah itu tidak akan kami layani,” lanjut dia.

Untuk mengikuti SNMPTN, calon peserta dan sekolah juga harus melakukan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Pada tahap registrasi, calon peserta diminta menyiapkan data berupa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Sekolah dan siswa juga akan diminta melakukan verifikasi dan validasi akun berdasarkan data yang diinput. Sehingga penting memastikan data yang diinput sesuai dengan yang terdaftar oleh Data Pokok Pendidikan.

Perbaikan data berikut dapat dilakukan sekolah melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id sebelum batas waktu masa sanggah dari LTMPT.

Berikut rincian jadwal SNMPTN:
1. Registrasi akun LTMPT: 4 Januari-1 Februari 2021
2. Penetapan peringkatan siswa oleh sekolah: 4 Januari-8 Februari 2021
3. Pengisian PDDS: 11 Januari-8 Februari 2021
4. Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari 2021
5. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
6. Pendaftaran ulang peserta lulus SNMPTN: lihat di situs masing-masing PTN.

Sebagai catatan, seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pukul 15.00 WIB.

(cnn)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Kelancaran Pasokan Pangan Harus Terjamin
Foto: Polda Metro Jaya

NASIONAL

Pakai Narkoba, Catherine Wilson: Saya Minta Maaf kepada Masyarakat
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Tangkap DPO Terduga Teroris di Lampung
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Foto/Antara

NASIONAL

Ada 28 Laporan Soal Efek Samping Vaksin Corona
Foto: Istimewa

NASIONAL

Mensesneg: Komite Penanganan Covid-19 dan PEN Ibarat Gas dan Rem
Ilustrasi kampus. Foto/Freepik

NASIONAL

Daftar Kampus RI Terbaik di Asia, UGM-UI Teratas
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

Dipangkas 3 Hari, Total Libur Akhir Tahun Jadi Delapan Hari
Ilustrasi penangkapan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Polisi Ringkus Oknum Ajudan Presiden Gadungan