Home / NASIONAL / NUSANTARA

Jumat, 19 Februari 2021 - 19:29 WIB

Mahyeldi Ansharullah Jadi Gubernur Sumbar Terpilih

Gubernur Sumatera Barat terpilih Mahyeldi Ansharullah. Foto/Tagar

Gubernur Sumatera Barat terpilih Mahyeldi Ansharullah. Foto/Tagar

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat secara resmi menetapkan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi Ansharullah-Audy Djoinaldy sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih dalam Pilkada Sumbar 2020.

Ketua KPU Sumatera Barat Yanuk Sri Mulyani mengatakan hal ini sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak dua permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan dua pasangan calon lainnya yakni Nasrul Abit-Indra Catri dan Mulyadi-Ali Mukhni.

“Sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan MK dan merujuk aturan KPU Sumbar wajib menetapkan pasangan terpilih ini maksimal lima hari setelah keluarnya keputusan MK dan hari ini kita gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Terpilih Gubernur dan Wakil Sumbar dalam pemilihan 2020,” kata dia di Padang, dikutip Antara, Jumat (19/2).

Ia mengatakan sesuai dengan hasil rekapitulasi perolehan suara hasil pemilu Sumatera Barat menyatakan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi Ansharullah-Audy Djoinaldy sebagai pasangan terpilih dengan perolehan suara terbanyak yakni 726.853 suara atau 32,4 persen dari total suara yang ada.

“Kita menetapkan pasangan Mahyeldi dan Audy Djoinaldy sebagai pasangan terpilih pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat hasil pemilihan tahun 2020,” kata dia.

Ia mengatakan berita acara kegiatan ini akan diberikan kepada DPRD Sumatera Barat, partai politik atau gabungan partai politik yang mengusung pasangan calon.

“Selanjutnya kepada pasangan calon, KPU RI, Bawaslu Sumbar dan arsip bagi KPU Sumbar,” kata dia.

Sebelumnya 518 personel kepolisian akan mengawal rapat pleno KPU Sumatera Barat terkait penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih yang digelar di salah satu hotel di Kota Padang pada Jumat (19/2).

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu mengatakan pihaknya melakukan pengawalan mulai pagi hari hingga kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin corona. Foto/AFP

NASIONAL

Vaksinasi Tahap Dua di DKI Pakai Vaksin Covid Bio
Ilustrasi--Salah satu kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT-610 PK-LQP yang diyakini flight data recorder (FDR) telah ditemukan oleh Tim Gabungan Basarnas, Kamis (1/10) pagi. Foto/MI

NASIONAL

BREAKING NEWS: Black Box SJ 182 Ditemukan
Aparatur sipil negara (ASN) Biro Umum Pemprov DKI Jakarta beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Balai Kota, Jakarta, kemarin. Foto/MI

NASIONAL

Gaji ASN Minimal 9 Juta Tahun Depan
Ilustrasi tata ruang kota Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Akan Tingkatkan Tata Ruang Kota
Petugas membawa kantong berisi korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto/MI

NASIONAL

Proses Identifikasi Korban Sriwijaya Air Resmi Ditutup
Ketua Umum PBNU Said Aqil. Ist

NASIONAL

Ketum PBNU Said Aqil Positif Corona
Pekerja membersihkan kaca gedung berlogo Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Selasa (24/5). Foto: Media Indonesia/Ramdani

NASIONAL

Korupsi Jiwasraya, Benny dan Heru Dijatuhi Vonis Seumur Hidup
Ilustrasi Omnibus Law. Foto/Ist

NASIONAL

Omnibus Law Ciptaker Bukan Solusi Krisis