Home / KESEHATAN

Kamis, 21 Januari 2021 - 12:08 WIB

Makanan Cepat Saji yang Wajib Dihindari Saat Diet

Ilustrasi--Burger. Foto/Istimewa

Ilustrasi--Burger. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Makanan cepat saji memang menjadi godaan saat seseorang yang menjalani diet sehat. Namun yang perlu diingat, jika memilih untuk mendatangi restoran makanan cepat saji, perlu untuk mengetahui apa yang paling sehat dan tidak sehat.

Dengan begitu, Anda tetap bisa menjaga tujuan diet yang terkendali. Seperti dilansir laman Eat This, Kamis (21/1), berikut panduan praktis untuk item menu makanan cepat saji terburuk menurut ahli diet.

1. Bacon cheeseburger

Patty daging sapi yang dikombinasikan dengan bacon (daging iris tipis) dan keju mengandung banyak kalori dan lemak jenuh. Selain khawatir dengan lemak jenuh, kandungan natrium dalam burger ini juga bisa berbahaya.

“Pilihan burger ini jauh di atas tanda 500 kalori dan mengandung tiga perempat atau lebih jumlah lemak jenuh yang harus Anda konsumsi sepanjang hari,” kata ahli diet dan penulis Anti-Inflamasi Persiapan Makanan Diet, Ginger Hultin MS.

2. Sarapan cepat saji

Sarapan bisa menentukan suasana hari Anda. Jadi, penting untuk memastikan bahwa Anda memulai semuanya dengan benar. Itulah mengapa perlunya berhati-hati saat memesan sarapan cepat saji.

“Banyak restoran cepat saji menawarkan beberapa jenis telur, daging, dan muffin, biskuit atau kombinasi kentang, tetapi ini biasanya sangat tinggi kalori, dan beberapa mencapai 800-1.000 hanya untuk satu kali makan,” kata Hultin.

Salah satu sarapan besar di restoran cepat saji yakni pancake dan biskuit besar, dengan telur orak-arik, kentang goreng, sosis, mentega, dan biskuit. Itu semua mengemas 1.340 kalori.

3. Kopi ukuran besar

Minuman kopi ukuran besar, terutama yang beraroma karamel atau moka, yang mengandung gula tambahan cenderung sangat padat kalori. Itu kombinasi yang sangat berbahaya. Untuk minuman moka dari berbagai restoran cepat saji, biasanya terdiri 600-800 kalori.

“Mudah menyesuaikan pesanan Anda dengan memilih ukuran yang lebih kecil, mengaduk krim kocok, meminta sirup ‘ringan’, dan memilih susu rendah lemak,” kata Hultin memberikan saran.

4. Salad ayam goreng

Ini adalah contoh dari pemilihan makanan yang mungkin sehat, namun di satu sisi bisa berubah menjadi tidak sehat.

“Salad mungkin tampak seperti makanan yang aman untuk tujuan penurunan berat badan, tetapi tidak dengan ayam goreng, beberapa salad tersebut akan jadi lebih tinggi kalori dan lemak daripada burger,” jelas Hultin.

5. Sayap ayam goreng

Sayap biasanya mengandung semua kulit, lemak, dan digoreng, ditambah saus celup yang juga tidak rendah kalori. “Ini memiliki 2.040 kalori untuk seluruh pesanan, yang merupakan total kalori yang cukup untuk satu hari bagi banyak orang,” kata dia.

Makanan ini juga memiliki 48 gram lemak jenuh, dan 3.320 miligram natrium, yang jauh lebih banyak dari kebutuhan harian Anda untuk sehari.

6. Pizza daging

Pai yang diisi dengan topping berbahan dasar daging mungkin menggugah selera, tetapi tidak membantu mengecilkan ukuran pinggang. Piza berisi daging dengan roti tebal jelas merupakan pilihan yang buruk. Bahkan ukuran kecil pun juga berbahaya.

(eat/thi/heq)

Share :

Baca Juga

Rusia mulai vaksinasi warga. Foto/AFP

KESEHATAN

3 Efek Samping Pertanda Vaksin Covid Bekerja
Ilustrasi duduk. Foto/Ist

KESEHATAN

Waspada, Efek Buruk Duduk Terlalu Lama
Ilustrasi masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Pakai Masker Kotor dan Berulang Justru Lebih Bahaya
Buah apel. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Manfaat Rutin Makan Dua Buah Apel Sehari
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Science in HD

KESEHATAN

Vaksin Corona Efektif Kurangi Infeksi pada Lansia
Buah pepaya. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Tubuh
Ilustrasi bawang merah. Foto/Istimewa

KESEHATAN

3 Bahan Alami Atasi Iritasi Kulit Akibat Banjir
Ilustrasi jeruk. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Jeruk Bakar Campur Gula Jadi Terapi Penciuman Covid?