Home / NASIONAL

Selasa, 26 Januari 2021 - 09:10 WIB

Ma’ruf Amin: Selain Tanah, Uang hingga Emas Bisa Diwakafkan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut ada dua transformasi dalam Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU). Pertama terkait jenis wakaf dan kedua terkait pembenahan tata kelola wakaf.

Menurut Ma’ruf, wakaf di era modern tidak hanya berbentuk harta tak bergerak seperti tanah dan bangunan. Saat ini, harta bergerak pun bisa diwakafkan di antaranya uang, kendaraaan hingga logam mulia.

“Sesuai UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf, harta benda wakaf diperluas tidak hanya benda tidak bergerak seperti tanah dan bangunan, tetapi juga meliputi benda bergerak berupa uang dan benda bergerak selain uang seperti kendaraan, mesin, logam mulia, dan surat berharga syariah,” ungkap Ma’ruf pada acara Peluncuran GNWU dan Brand Ekonomi Syariah yang diselenggarakan secara virtual, Senin (25/1).

Sementara untuk tata kelola, kata Ma’ruf, pemangku kepentingan wakaf benda bergerak juga telah dibenahi. Pembenahan tersebut dimulai dari tata kelola wakaf uang sebagai salah satu bentuk wakaf produktif.

“Pembenahan tata kelola ini diinisiasi oleh KNEKS dan Badan Wakaf Indonesia (BWI),” ujarnya.

Lebih lanjut Ma’ruf mengatakan, pemerintah menunjuk Bank Syariah Mandiri sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan Mandiri Manajemen Investasi sebagai pengelola dana wakaf yang Produknya dinamakan ‘Wakaf Uang Berkah Umat’.

Dengan pembenahan tersebut, Ma’ruf berharap pengelolaan wakaf uang lebih profesional dan modern. Dia yakin hal itu nantinya dapat digunakan mendorong investasi dan kegiatan ekonomi di masyarakat.

“Dengan semakin banyak masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan wakaf, diharapkan (wakaf) dapat dikembangkan dalam berbagai program dan kegiatan untuk memberdayakan masyarakat, termasuk umat,” tukasnya.

(set/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin Covid-19. Ist

NASIONAL

Rakyat Jangan Dibebani Pembayaran Vaksin Covid-19
Basarnas menemukan 29 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. Foto/Instagram @sar_nasional).

NASIONAL

154 Bencana Alam Terjang RI di Awal 2021
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 22 September: 252.923 Positif, 184.298 Sembuh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka proses seleksi untuk Program Guru Penggerak untuk gelombang kedua. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Buka Seleksi Program Guru Penggerak Gelombang Kedua
Pemerintah akan memberikan biaya ganti rugi atau kompensasi bagi penerima vaksin corona atau covid-19 yang mengalami efek samping atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi, cacat ataupun meninggal dunia. Foto/Antara

NASIONAL

9.700 Pedagang Pasar Tanah Abang Terdata Program Vaksinasi
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Istimewa

NASIONAL

Ketua Satgas Covid-19: Iduladha Harus Jadi Momentum Disiplin Protokol Kesehatan
ANTARA FOTO/Lucky R.

NASIONAL

Polri Tetap Gelar Operasi Yustisi di Kawasan Pariwisata
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

NASIONAL

Vaksinasi Mandiri Ditargetkan Mulai April 2021