Home / NASIONAL

Selasa, 29 Desember 2020 - 13:44 WIB

Mayoritas Siswa Setuju Sekolah Tatap Muka pada Januari 2021

Siswa SMK Berkompetisi dalam Lomba Kompetensi Siswa di Jogja Expo Center, Selasa (9/7). Foto/MI

Siswa SMK Berkompetisi dalam Lomba Kompetensi Siswa di Jogja Expo Center, Selasa (9/7). Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesa (KPAI) Retno Listyarti melakukan survei tentang persepsi peserta didik terkait rencana pemerintah membuka pembelajaran tatap muka (PTM) pada bulan Januari 2021 mendatang.

Hasilnya dari 62.448 responden, mayoritas setuju sekolah tatap muka dibuka pada Januari 2021 yakni sebanyak 48.817 siswa (78,17 persen) dari total responden.

“Para responden yang setuju pembelajaran tatap muka dibuka pada Januari 2021 umumnya memberikan alasan sudah jenuh PJJ dan butuh variasi dengan pembelajaran tatap muka (PTM). Terutama untuk praktikum dan membahas materi-materi yang sangat sulit yang tidak bisa diberikan melalui PJJ,” ungkap Retno dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Senin (28/12).

Sementara itu, yang tidak setuju hanya 6.241 siswa atau sekitar 10 persen dari total responden. Adapun yang menjawab ragu-ragu mencapai 10.078 siswa (atau sekitar 16,13 persen) dari total responden.

Retno melanjutkan, hampir 56 persen responden yang setuju PTM menegaskan hal tersebut. Terutama kata Retno siswa kelas 6 SD dan siswa kelas 9 SMP dan siswa kelas 12 SMA atau SMK.

Sedangkan, 45 persen para responden yang tidak setuju PTM dibuka pada Januari 2021, umumnya khawatir tertular covid-19 karena kasusnya masih tinggi di daerahnya.

“45 persen responden yang menolak sekolah dibuka. Ada juga yang menyatakan meragukan kesiapan sekolahnya dalam menyediakan infrastruktur dan protokol kesehatan/SOP adapatasi kebiasaan baru (AKB) di sekolah di satuan pendidikan yang menyatakan alasan ini mencapai 40 persen responden,” tandasnya.

Survei ini dilaksanakan selama satu minggu, yaitu pada 11-18 Desember 2020 dengan jumlah reponden atau partisipan peserta didik mencapai 62.448 siswa dari 34 provinsi.

Dari hasil survei itu, Retno mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah mempersiapkan secara sungguh-sungguh dan terencana ketika akan membuka pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

(kpa)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi virus corona. Foto/Ist

NASIONAL

Bupati Situbondo Meninggal Dunia Akibat Corona
Tangkapan layar video, detik-detik Bupati Petahana Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Muhdin Mabud pingsan saat orasi politik dihadapan pendukungnya, Jumat (4/9).

NASIONAL

Bupati Halmahera Timur Meninggal Dunia saat Orasi Politik
Pekerja membersihan kamar dengan disinfektan di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Jumat (5/6/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Hotel dan Restoran Dilarang Gelar Acara Tahun Baru
Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, saat membuka Rakornis POM TNI yang diikuti 21 perserta. Foto/dok TNI

NASIONAL

Citra Positif TNI di Mata Warga Masih Tinggi
KPU. Foto/Ist

NASIONAL

40 Komisioner dan Staf KPU Positif Corona
Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengusulkan agar TNI bisa menggandeng remaja-remaja peretas atau hacker di Indonesia sebagai daya tawar menghadapi gangguan dan hambatan keamanan di sektor siber yang berasal dari luar Indonesia. Foto/Instagram

NASIONAL

Hendropriyono Usul TNI Rekrut Remaja RI Pembobol Situs NASA
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Aliran Timur memantau aliran air di Stasiun Pompa Ancol, Jakarta Utara, Rabu (8/1/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Pemprov DKI Siapkan 487 Unit Pompa Air Antisipasi Banjir
Ilustrasi patroli siber. Foto/Istimewa

NASIONAL

Mayoritas Kasus Hoaks dari Patroli Siber Tak Disidang