Home / NASIONAL

Selasa, 22 September 2020 - 10:38 WIB

Menaker Pastikan BLT Pekerja Tahap Empat Cair Pekan Ini

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Ketenagakerjaan memastikan bantuan langsung tunai (BLT) BPJS Ketenagkerjaan atau bantuan subsidi upah tahap keempat akan cair pekan ini. Proses verifikasi data nomor rekening seluruh calon penerima akan tuntas, Selasa (22/9) hari ini.

“Kami telah menerima 2,8 juta data nomor rekening calon penerima BLT tahap empat dari BPJS Ketenagakerjaan. Data yang diterima Rabu (16/9) lalu sedang dalam proses verifikasi sesuai kriteria Permenaker Nomor 14 Tahun 2020,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan resminya, Selasa.

Ida menyebut, untuk penyaluran bantuan subsidi upah tahap empat akan dilakukan secepatnya apabila proses verifikasi telah selesai. Setelah itu tuntas, kata Ida, data nomor rekening calon penerima BLT akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

“KPPN menyalurkan uang BLT tahap empat kepada Bank Penyalur yakni Bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN). Selanjutnya, bank-bank tersebut akan menyalurkan uang BLT tahap empat ke rekening penerima secara langsung, baik yang tercatat di bank pemerintah maupun bank swasta,” ungkapnya.

Menteri Ida menambahkan, penyalur bantuan subsidi upah sejauh ini berjalan tanpa halangan berarti. Berdasarkan data per 18 September 2020, progres pencairan BLT tersebut tahap pertama sebanyak 2.484.429 penerima (99,38 persen dari total 2,5 juta penerima), tahap kedua 2.980.346 penerima (99,34 persen dari total 3 juta penerima) dan tahap tiga 3.069.442 penerima (87,70 persen dari total 3,5 juta penerima).

“Dari tahap pertama sampai tahap ketiga penyalurannya sudah mencapai angka 8.534.217 orang atau sekitar 94,82 persen dari total 9 juta orang penerima,” kata Ida.

Meski begitu, Ida meminta para pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan masuk kategori penerima BSU teliti saat memberikan nomor rekeningnya ke perusahaan. Kehati-hatian itu untuk menghindari risiko gagal transfer akibat rekening yang tutup, statusnya pasif, atau tidak valid.

“Saya mendorong kepada teman-teman pekerja atau buruh yang sekiranya merupakan penerima subsidi gaji agar dicek kembali nomor rekeningnya. Karena yang kami butuhkan adalah rekening aktif sehingga penyaluran tepat sasaran,” kata Ida.

(heq/tir)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi virus corona.

NASIONAL

Update Kasus Corona 5 Agustus: 116.871 Positif, 73.889 Sembuh
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo. Foto: DPR RI

NASIONAL

Komisi IX DPR Dorong Riset Farmasi Berbasis Kearifan Lokal
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Konsep PAM Swakarsa Versi Listyo Sigit Prabowo
Banjir masih menjadi ancaman besar di wilayah Kalimantan Selatan, bahkan masuk dalam zona merah. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Banjir Kalsel Akibat Hutan Hilang
Bus Transjakarta. Ist

NASIONAL

Transjakarta Modifikasi Rute di Kawasan Bank Indonesia
Banjir di Kalideres, Jakarta barat. Foto/MI

NASIONAL

Pemerintah Pusat Diminta Turun Tangan Atasi Banjir DKI

NASIONAL

Ini Cara UMKM yang Belum Dapat BLT Rp2,4 Juta
Ustadz Maaher At-Thuwailibi. Foto/Ist

NASIONAL

Ustaz Maaher Terancam 6 Tahun Penjara Atas Kasus UU ITE