Home / NASIONAL

Selasa, 29 September 2020 - 10:34 WIB

Menanti ‘Jawaban’ Menteri Kesehatan Terawan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Istimewa

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Melonjaknya angka kasus Covid-19 di Indonesia membuat presenter Najwa Shihab mempertanyakan keberadaan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Berkali-kali diundang dalam acaranya, Mata Najwa, untuk menjelaskan penanganan pandemi, namun Terawan justru tak pernah hadir.

Tagar #MataNajwaMenantiTerawan pun bergema di jagat media sosial Twitter pada Senin (28/9) malam. Dalam acara tersebut, Najwa terpaksa mewawancarai kursi kosong yang seharusnya diperuntukkan Terawan.

“Pandemi belum mereda dan terkendali. Karenanya kami mengundang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Tentu tak ada sosok yang lebih tepat bicara kepada publik, kepada kita, memberi penjelasan tentang situasi sebenarnya dan sejauh apa penanganan yang dilakukan negara,” ujar Najwa mengawali acaranya.

Menurut Najwa, Terawan adalah sosok yang punya wewenang, akses anggaran dan pemberi arahan meski di pihak sana sudah pasti terbentur banyak kepentingan. Sehingga, kata dia, kehadirannya untuk masyarakat merupakan suatu hal yang krusial.

Najwa menambahkan, Terawan seharusnya menjadi sosok yang paling gencar memperjuangkan kepentingan kesehatan. Namun ia mempertanyakan hal yang justru terjadi sebaliknya.

“Mengapa menghilang pak? Anda minim sekali muncul di depan publik selama pandemi. Atau mungkin kehadiran Menteri Kesehatan di depan publik tidak terlalu penting?” tanya Najwa kepada kursi kosong di depannya.

Dalam video acara Mata Najwa berdurasi 4 menit tersebut, Najwa juga menyampaikan perbandingan menteri kesehatan negara lain yang bersedia mundur karena penanganan Covid-19, dan secara frontal mempertanyakan kesiapan Menteri Terawan pada hal tersebut.

(heq/dbs)

Share :

Baca Juga

Sejumlah buruh dari beberapa Serikat, Federasi, dan Konfederasi Buruh melakukan aksi unjuk rasa di akses pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara menolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Selasa (6/10). Foto/Berita Satu

NASIONAL

Batal Demo di Istana, Buruh Jakarta Gelar Aksi di Pulogadung
Ombudsman. Foto/MI

NASIONAL

Daftar 9 Anggota Ombudsman Periode 2021-2026
PT Transjakarta melipatgandakan frekuensi pencucian armada bus dengan menggunakan desinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan. Foto/MI/Pius Erlangga

NASIONAL

Jam Operasional Transjakarta dan MRT Dibatasi hingga 20.00
Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri. Foto/Antara/Mohammad Ayudha

NASIONAL

Densus Polri Tangkap Buronan Bom Bali I di Lampung
Sekretariat Presiden menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia secara Daring oleh Peserta Terbanyak. Acara penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, pada Senin, 17 Agustus 2020. Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Sekretariat Presiden Terima Rekor MURI
Ilustrasi prostitusi. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Periksa Selebgram-Pramugari Usut Prostitusi Artis TA
Gaji uang Rupiah. Foto/Ist

NASIONAL

Program BLT Pekerja Berlanjut hingga 2021
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Ingin Sekolah Tatap Muka Juli 2021