Home / NASIONAL

Kamis, 23 Juli 2020 - 15:41 WIB

Mendagri Sebut Cara Terbaik Atasi Covid-19 dengan Bakar Jenazah

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Dalam Negeri, (Mendagri) M. Tito Karnavian mengatakan cara terbaik untuk menangani pasien positif Covid-19, yakni dengan cara dibakar. Jika mayat dibakar, kata Tito, maka virus akan mati.

“Mohon maaf, saya muslim ini, tapi secara teori yang terbaik ya dibakar, karena virusnya akan mati juga,” kata Tito melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/7).

Namun, Tito menyadari bahwa banyak masyarakat yang tentu tidak sepakat dengan teori itu. Ia mengembalikan semuanya sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Jika keluarga tetap ingin melakukan penguburan secara konvensional, kata Tito, maka protokol kesehatan penanganan jenazah harus benar-benar dilakukan dengan baik. Jenazah wajib dibungkus rapat-rapat rapat agar tak ada celah sedikitpun saat proses pemulasaran.

“Karena virusnya itu akan bertahan. Jadi, upayakan dimakamkan di kuburan yang tidak ada air mengalir, yang kering,” urainya.

Berdasarkan protokol penanganan jenazah yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, jenazah pasien Covid-19 wajib dibungkus dengan kain kafan atau diberi pakaian. Kemudian, jenazah dimasukkan ke dalam kantong jenazah atau dibungkus dengan plastik yang diikat rapat, serta ditutup semua lubang-lubang tubuhnya, kemudian dikuburkan.

Protokol tersebut diatur lewat Kepmenkes Nomor HK.01.07/ MENKES/413/2020 tentang Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease.

Sumber: Info Publik

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Guru PNS. Foto/Antara

NASIONAL

Ada Peluang Guru PPPK Jadi CPNS
Kapolri Idham Azis dan anglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Ist

NASIONAL

HUT Ke-75 TNI, Kapolri: Semoga Semakin Kuat Demi Melindungi Kedaulatan Bangsa
Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Foto/Antara

NASIONAL

2.630 Tenakes Wisma Atlet Mulai Divaksin
Vaksin sionvac dinilai Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) terbuat dari bahan yang aman untuk manusia. Foto/Antara

NASIONAL

BREAKING NEWS: BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Sinovac
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12). Foto/ANTARA

NASIONAL

Efikasi Vaksin Sinovac di Indonesia Rendah
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Idham Azis Yakin ‘Tangan Dingin’ Listyo Sigit Bawa Polri Lebih Baik
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

NASIONAL

Tes GeNose, Penumpang KA Wajib Puasa Satu Jam
Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

NASIONAL

Pelajar dan Guru Sudah Bisa Nikmati Kuota Internet Gratis 2020