Home / NASIONAL

Rabu, 30 September 2020 - 09:17 WIB

Mengenang Tujuh Jenderal Korban G30S/PKI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tepat pada hari ini 30 September, 65 tahun silam, menjadi salah satu peristiwa bersejarah di Indonesia. Tragedi terkelam yang menimpa Ibu Pertiwi itu dikenal dengan Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

Ya, gerakan itu dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang kala itu sangat berkuasa dan kejam. Mereka menciptakan berbagai tragedi horor selama berkuasa sehingga banyak peristiwa tragedi berdarah di Tanah Air.

Gerakan tersebut dipimpin langsung oleh ketua PKI DN Aidit. Gerakan 30 September dilakukan ketika enam perwira tinggi dan satu perwira TNI AD diculik, lalu dibunuh lantaran ingin menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno.

Setelah kejadian itu, Presiden Soekarno diminta masyarakat untuk membubarkan PKI. Masyarakat juga meminta Mayor Jenderal Soeharto untuk membersihkan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI.

Dalam tragedi kelam tersebut, ada 10 nama yang menjadi korban PKI termasuk tujuh jenderal TNI. Berikut mengenang kembali penculikan tujuh jenderal TNI yang mnejadi korban pemberontakan PKI atau dikenal sebagai G30S/PKI.

1. Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani. Ist

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani. Ist

Beliau merupakan komandan TNI AD yang lahir pada tahun 19 Juni 1922 di Purworejo. Ia menjadi sasaran PKI lantaran sangat menentang keberadaan faham komunis di tanah air.

Jenderal TNI Ahmad Yani sempat berdebat sengit saat rumahnya dikepung tentara antek PKI. Namun, perdebatan itu justru membuat sang jenderal bersimbah darah karena ditembak oleh para tentara tersebut.

Jasadnya pun dibawa dan dikubur di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

2. Letnan Jenderal Anumerta Suprapto

Letnan Jenderal Anumerta Suprapto. Ist

Letnan Jenderal Anumerta Suprapto. Ist

Letnan Jenderal Anumerta Suprapto adalah salah satu pahlawan nasional yang lahir di Purwokerto, 20 Juni 1920. Beliau juga diculik dari rumahnya dan dibantai di Lubang Buaya.

Sebelum akhirnya tewas di tangan PKI, beliau pernah meredam beberapa pemberontakan PKI di berbagai wilayah seperti Semarang dan Medan.

3. Letnan Jenderal Haryono

Share :

Baca Juga

Ilustrasi bisnis UMKM di Indonesia. (Ist)

NASIONAL

Pelaku UMKM Mulai Rasakan Nikmatnya Program PEN
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa. Foto: Istimewa

NASIONAL

UU Pilkada Harus Ramah bagi Calon Pemimpin Potensial
Komisaris Jenderal Agus Andrianto bakal dilantik sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) yang baru di Rupatama Mabes Polri pada hari ini, Rabu (24/2). Foto/Istimewa

NASIONAL

Kabareskrim: Penyidik Langgar SE Kapolri Diberi Sanksi
Kompol Yuni Purwanti. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kasus Narkoba, Kapolsek Astanaanyar Berharta Rp110 Juta
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Konsep PAM Swakarsa Versi Listyo Sigit Prabowo
Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (28/1/2020). Berdasarkan data PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal Senilai Rp511 M
Obat Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Obat Covid-19 Temuan Unair, BIN dan TNI AD Patut Diapresiasi
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018). Foto: ANTARA/Bima Sena

NASIONAL

Wagub DKI Tak Beri Izin Reuni 212 di Monas