Home / NASIONAL

Rabu, 27 Januari 2021 - 09:28 WIB

Menhub Usulkan Pramugari hingga Sopir Dapat Prioritas Vaksin

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Foto/Antara

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Perhubungan mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan agar operator transportasi juga mendapatkan prioritas untuk vaksinasi Covid-19. Pasalnya, keseharian mereka berhubungan langsung dengan banyak orang.

“Tidak hanya pramugari, tapi sopir bus, kenek, kondektur, sopir taksi, mereka juga harus divaksin,” ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin (25/1).

Pemerintah saat ini tengah melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Penyuntikan vaksin yang dimulai pada 13 Januari ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, dimana mereka bersetuhan langsung dengan pasien.

Berdasarkan Permenkes Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, ada 6 kelompok prioritas penerima vaksin covid-19.

Pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lain.

Kedua, tokoh masyarakat/agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah kecamatan, perangkat desa, dan perangkat rukun tetangga/rukun warga.

Ketiga adalah guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA, atau setingkat/sederajat, dan perguruan tinggi. Keempat, aparatur kementerian/lembaga, aparatur organisasi perangkat pemerintah daerah, dan anggota legislatif.

Keempat, masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi menjadi prioritas penerima vaksin virus corona urutan kelima. Prioritas terakhir adalah masyarakat sipil dan pelaku perekonomian lainnya.

(heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/IstIlustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 6 Oktober: 311.176 Positif, 236.537 Sembuh
Presiden Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Kalau Tak Mau Divaksin Rugikan Diri dan Orang Lain
Demo konflik agraria. Foto/Antara

NASIONAL

Sepanjang 2020, Ada 135 Ribu KK Jadi Korban Konflik Agraria
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Presiden Jokowi: Natal Sebagai Momentum Introspeksi Diri
Ilustrasi rekayasa lalu lintas. Foto: Ist

NASIONAL

Buruh-Mahasiswa Demo di DPR, Rekayasa Lalin Situasional
Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi. Foto/Biro Humas Kemenkes

NASIONAL

Swasta Tak Bisa Lakukan Vaksinasi Covid Mandiri
Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono. Foto/Antara

NASIONAL

Kejagung Periksa Dua Saksi Terkait Kasus Gratifikasi Dirut BTN
Jaksa Agung ST Burhanuddin. Foto/MI

NASIONAL

Kasus Pelanggaran HAM Berat Jadi Prioritas Jaksa Agung