Home / EKONOMI / UMKM

Selasa, 12 Januari 2021 - 19:01 WIB

Menkop Teten Minta Masyarakat Belanja Sehari-hari di UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Antara

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta masyarakat membeli produk buatan Indonesia. Dengan adanya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, diharapkan bisa membantu UMKM untuk tetap bertahan di tengah dampak Covid-19.

“Dengan begitu, kita harapkan omzet penjualan UMKM akan semakin meningkat. Kita meyakini itu, meski daya beli masyarakat juga tengah menurun,” ucap Teten, Selasa (12/1).

Menurut Teten, jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, hampir 300 juta jiwa, menjadi satu peluang besar yang bisa dioptimalkan.

“Jika kita semua membeli kebutuhan sehari-hari menggunakan produk Indonesia, itu bisa membuat UMKM kita bertahan di tengah pandemi,” imbuhnya.

Di samping itu, pemerintah juga ingin semakin banyak produk UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital. Salah satu strategi gerakan ini adalah menghubungkan para pelaku UKM dengan berbagai penyedia platform online marketplace.

“Target kita sebesar 30 juta pelaku usaha sampai tahun 2024 mendatang. Saat ini, baru sekitar 10,26 juta pelaku UMKM yang onboarding ke digital,” jelas Teten.

Menurut Teten, produk-produk UMKM yang unggul seperti home decor, kriya, makanan dan minuman, dan sebagainya, menjadi lebih berpeluang ke pasar global dengan masuk ke pasar digital.

“Sekarang dengan kita menguasai pasar digital dalam negeri, dengan sendirinya kita memiliki akses ke pasar global,” tandas Teten.

Oleh karena itu, dia menekankan bahwa peluncuran gerakan nasional ini menjadi sangat penting dan strategis bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

“Terutama ini diadakan di Bali. Dan kita harapkan Bali segera pulih,” pungkasnya.

(oke/ukm)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi aktivitas pelabuhan. Foto/Antara/Sigit Kurniawan

EKONOMI

Sah! Indonesia Resmi Resesi
Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

EKONOMI

10 Juta Pekerja Telah Terima Bantuan Subisidi Gaji
Pelayan menggunakan masker, sarung tangan, dan pelindung wajah saat melayani pelanggan di Warteg Ellya, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta. Foto/Antara

UMKM

Kemenkop UKM Bakal Lakukan Pendataan Pelaku Usaha Warteg
Ilustrasi bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat. (Foto: Ist)

EKONOMI

Mengulik Realisasi Bansos yang Diduga Dikorupsi Mensos
Harga minyak naik sekitar dua persen setelah jatuh sehari sebelumnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Foto/AFP

EKONOMI

Cadangan Minyak Bumi RI Sisa 9,5 Tahun
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Pengawasan OJK Terhadap Industri Jasa Keuangan Masih Lemah
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Foto/Detikcom

EKONOMI

Penyaluran KUR dari Bank BUMN Capai Rp188 T pada 2020
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru