Home / EKONOMI

Selasa, 12 Januari 2021 - 15:09 WIB

Menparekraf Dukung Kelola Ekosistem Mangrove Buat Pariwisata

Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno. Foto/Antara

Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung rencana pengelolaan ekosistem mangrove untuk dapat dikembangkan jadi destinasi pariwisata berbasis ekowisata.

Dalam rapat virtual yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sandi mengatakan ekosistem mangrove ini memiliki potensi wisata yang diminati oleh generasi milenial. Hal tersebut telah ia buktikan sendiri ketika masih menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

“Kebetulan kami memiliki pengalaman mengembangkan wisata menanam bibit mangrove di Kepulauan Seribu dan di Jakarta Utara. Pengelolaan ekosistem mangrove ini bakal jadi salah satu destinasi wisata dengan minat khusus yang diminati oleh para milenial,” ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (12/1).

Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk sektor pariwisata, ekosistem mangrove juga bisa dimanfaatkan sektor ekonomi kreatif yakni pembuatan makanan khas daerah seperti dodol, sirup, keripik, dan sebagainya.

“Nantinya juga bisa dibuat beberapa spot yang instagramable dan juga bisa dibuat untuk Tik Tok. Jadi ini bisa dibuat Tik Tok konten yang nanti saya kerjasamakan tentunya dengan Kemendes, Kemenkop UKM. Tentunya juga diperlukan langkah-langkah penyiapan seperti desain kekinian juga tidak melupakan kearifan lokal,” jelas Sandiaga.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengajak Kemenparekraf bersinergi dalam pemulihan ekosistem mangrove sebagai membangun jalur wisata alam dan mengembangkan model ekowisatanya.

“Saya kira wisata mangrove ini penting. Mangrove bagus untuk wisata. Saya pikir banyak yang bisa dibuat dari pengelolaan ekosistem mangrove,” ujarnya.

Luhut juga menyarankan para pemandu wisata nantinya tidak hanya memiliki kemampuan menjelaskan wisata mangrove dari sisi lingkungannya saja, tapi manfaat kesehatan yang bisa didapat wisatawan.

“Pengalaman saya ketika meninjau di Brebes, mangrove ini bukan hanya menarik di wisata lingkungannya, tapi juga dari kesehatannya, berjalan menyusuri mangrove ini enak sekali udaranya sehingga baik untuk pernapasan. Nah, ini juga bisa dijelaskan tour guide kepada wisatawan,” tandas Luhut.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (melambaikan tangan) saat melakukan panen raya padi. Foto/Kementan

EKONOMI

Pemerintah Siapkan Pertanian Modern Melalui Smart Green House
Pekerja mengangkut beras bansos di gudang Bulog wilayah Aceh. Foto/Antara

EKONOMI

Bulog Komitmen Tuntaskan Program Bansos Pemerintah
Kredit Usaha Rakyat. Ist

EKONOMI

Jawa Tengah Jadi Provinsi Terdepan dalam Penyaluran KUR
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Liputan 6

EKONOMI

Erick Thohir Bakal Bubarkan 14 BUMN
Basuki Tjahaja Purnama. Foto/MI

EKONOMI

Pesantren Diingatkan Soal Kemandirian Ekonomi
Ilustrasi laut Indonesia. Foto/Antara

EKONOMI

Ada 464 Titik Harta Karun Bawah Laut di RI
PLN kembali menggulirkan stimulus covid-19 bagi pelanggan PLN. Foto/Dok PLN

EKONOMI

Anggaran Rp4,67 T untuk Listrik Gratis 2021
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

EKONOMI

Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini