Home / EKONOMI / UMKM

Jumat, 7 Agustus 2020 - 17:27 WIB

Menristek: Ekonomi Digital UMKM Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II 2020 minus hingga 5,32 persen.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, berbagai langkah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus segera dilakukan, diantaranya memberikan perhatian kepada UMKM untuk mengantisipasi resesi di kuartal III.

“Memang banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk pulihkan ekonomi pada masa pandemi saat ini. Banyak UMKM yang tidak dapat bertahan selama pandemi. UMKM yang bertahan adalah UMKM yang sudah terpapar ekonomi digital. Harapannya ekonomi digital dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional kedepannya,” jelas Menteri Bambang, seperti dikutip dalam rilis Kemenristek/BRIN di Jakarta, Jumat (7/8).

Saat hadir sebagai pembicara kunci pada webinar UMKM Indonesia Bangkit Bersama BRI, Kamis (6/8), Menteri Bambang menyampaikan, berdasar hasil kajian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2020, terjadi penurunan penjualan produk UMKM.

Berdasarkan hasil survey, 94.69 persen menurun. “Yang tetap itu hanya 2,65 persen, yang meningkat juga 2,65 persen. Mayoritas UMKM memiliki kerentanan dalam waktu enam bulan ke depan, yang pada akhirnya berujung pada kemiskinan,” ujar Menteri Bambang.

Lebih lanjut Menteri Bambang mengatakan, peningkatan daya beli menjadi kunci memulihkan perekonomian.

Beliau menyebut, daya beli atau konsumsi masyarakat merupakan motor penggerak untuk menggerakan perekonomian.

Oleh karena itu pemerintah terus berkomitmen tetap menjaga daya beli dan permintaan dalam negeri dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. “Daya beli masyarakat akan terjaga melalui bansos dan subsidi, untuk masyarakat miskin dan rentan,” ungkap Menteri Bambang. (inf/pub)

Share :

Baca Juga

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah.

EKONOMI

Kebijakan Fiskal Ekspansi-Konsolidatif RAPBN 2021 Untuk Bangkitkan Ekonomi
ilustrasi -- Pekerja mengerjakan proyek pembangunan rumah bersubsidi. Foto/Antara

EKONOMI

Syarat Beli Rumah DP 0 Persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI sedang merumuskan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai, Kamis (8/4). Foto/Kemenkeu

EKONOMI

Pemerintah Siapkan Pinjaman Rp10 T untuk Pemda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Perintahkan Mendag Antisipasi Harga Pangan
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

EKONOMI

Program Kartu Prakerja Bakal Berlanjut hingga 2022
Ilustrasi--Bagian dalam pesawat tengah disemprot disenfektan. Foto/Angkasa Pura

EKONOMI

Pemerintah Izinkan Kapasitas Pesawat 100 Persen Selama PPKM
Pelaku UMKM memperlihatkan produknya di marketplacr online. Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

UMKM

Pemerintah Serius Dorong UMKM Go Digital
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

EKONOMI

Jokowi Siapkan Lahan 15 Hektare di NTT untuk Food Estate