Home / NASIONAL

Jumat, 26 Maret 2021 - 12:32 WIB

Mensos Beri Santunan Rp15 Juta ke Korban Kebakaran Matraman

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Foto/Antara

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini memberikan santunan sebesar Rp15 juta kepada masing-masing ahli waris korban kebakaran di Jalan Pisangan Baru III, Matraman, Jakarta Timur.

“Kami memberikan santunan untuk keluarga korban yang meninggal berjumlah 10 jiwa,” kata Risma saat di lokasi kebakaran, Kamis (25/3).

Risma mengatakan pihaknya juga siap menampung korban kebakaran untuk tinggal sementara di balai milik Kementerian Sosial. Ia sudah berkomunikasi dengan ketua RW setempat.

“Kami sampaikan nanti kalau beliaunya nanti berkenan nanti kami tempatkan di balai kami,” ujarnya.

Menurut Risma, pihaknya juga akan menyiapkan psikolog dan ahli terapi sebagai langkah penanganan pascakejadian. Menurutnya, ada seorang anak yang mengalami shock.

“Kemudian yang berikutnya nanti akan kami kirim psikolog untuk menemani keluarga karena tadi si kecil agak shock. Jadi, nanti akan datangkan psikolog,” ujarnya

Mantan Wali Kota Surabaya itu pun mengaku sudah menyiapkan bantuan sosial yang ditargetkan akan diberikan pada bulan ini.

Sebelumnya, kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Jalan Pisangan Baru III, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (25/3) dini hari. Dalam insiden ini, 10 orang meninggal dunia. Kebakaran tersebut diduga karena dua hal, korsleting listrik atau ledakan motor yang sedang diperbaiki.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sudah mendatangi lokasi kebakaran di Matraman. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengatakan kebakaran tersebut menimbulkan banyak korban jiwa dibanding insiden lainnya sepanjang tahun ini.

Anies mengklaim pihaknya telah mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memadamkan api secepat mungkin. Ia menyebut Dinas Sosial DKI telah menyalurkan bantuan sosial kepada warga dan keluarga terdampak.

Anies juga menyediakan tempat tinggal sementara untuk korban kebakaran Matraman. Pemprov DKI akan mengganti seluruh dokumen kependudukan para korban yang ikut terbakar dalam insiden tersebut.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Foto/Antara

NASIONAL

Muhammadiyah Prediksi Pandemi Akan Terkendali pada 2022
Ilustrasi; Bintang Kejora. Foto/Antara

NASIONAL

Separatis Papua Gelar Aksi Mogok Sipil Nasional 10 Januari

NASIONAL

VIDEO: Sudah Lebih 6 Jam Banjir DKI Belum Surut
Menteri PUPR Basuki Hadimlujono. Foto/Ist

NASIONAL

Rendahnya Serapan Anggaran Kemenhub dan PUPR

NASIONAL

PSBB, Pergerakan Penumpang Pesawat Diperkirakan Tak Terdampak Signifikan
Petugas gabungan melakukan Operasi Yustisi Protokol Covid-19 di perbatasan Kota Bekasi dan Jakarta di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur. Foto/Media Indonesia/Vicky Gustiawan

NASIONAL

Operasi Yustisi di DKI, Polisi Kantongi Denda Rp798 Juta
Petugas Dinas Sumber Daya Air menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah bercampur lumpur di aliran Banjir Kanal Barat, Jakarta, Senin. Foto/Antara

NASIONAL

DKI Siapkan 5.000 Drainase Vertikal Antisipasi Banjir

NASIONAL

Presiden Jokowi Berencana Bantu Rp600 Ribu ke Setiap Pegawai Selama Enam Bulan