Home / NASIONAL

Senin, 7 September 2020 - 14:15 WIB

Mentan Akui Pertanian di Indramayu Terbaik Nasional

Mentan-RI Syahrul Yasin Limpo. Foto/Kementan

Mentan-RI Syahrul Yasin Limpo. Foto/Kementan

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kedatangan Menteri Pertanian Republik (Mentan-RI) Syahrul Yasin Limpo di Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu pada 5 September 2020 lalu, ternyata membawa angin segar untuk para petani di sejumlah wilayah. Pasalnya, selain memastikan ketersedian pupuk tercukupi juga mengapresiasi bahwa hasil pertanian di Kota Mangga Indramayu Terbaik Nasional.

Kedatangan Mentan Syarul Yasin Limpo turut didampingi Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi dan Pelaksana Tugas Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat. Dalam pernyataanya Syahrul Yasin Limpo menegaskan, sesuai perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo permasalahan yang tengah dialami para petani segera mungkin diatasi dan turun langsung ke lapangan.

“Pertama kehadiran saya ini sesuai perintah Bapak Presiden Jokowi, agar selalu turun ke petani dan menyelesaikan cepat masalah. Produksi pangan harus tetap terjaga walau dihadapkan pada tantangan apapun,”katanya melalui keterangan resmi, Minggu (6/9).

Dia menyebutkan, kondisi pertanian di Bumi Wiralodra patut dijaga dan terus dipertahankan sebagai penopang perekonomian Indonesia. Alasan tersebut, karena dalam data BPS pada kuartal II PDB sektor pertanian naik mencapai 16,4 persen. Termasuk sumbernya dari para petani di wilayah Kabupaten Indramayu, sehingga diharapkan mampu menjadi sektor yang tahan akan dampak wabah Covid-19.

“Dengan kondisi sekarang maka patut dijaga, hasil pertanian di Indramayu menjadi percontohan untuk petani lainya. Ini penting karena untuk dijaga dalam menghadapi ekonomi dunia yang sedang melemah termasuk Indonesia, sehingga secepatnya bangkit agar kebutuhan lainnya bisa terpenuhi,” katanya.

Dijelaskan Syahrul Yasin Limpo, sektor pertanian harus mengedepankan beberapa komponen yang menjadi tolak ukur melimpahnya hasil pertanian, pertama sistem irigasi, varietas bibit unggul yang digunakan, kecukupan pupuk serta SDM petani yang mau bekerja di sawah.

Selanjutnya untuk terus menciptakan pertanian yang unggul dan maju, Kementan akan senantiasa terus membangun korporasi pertanian yang ditunjang oleh fasilitas permodalan atau yang sering disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan begitu bisa menuju petani yang mandiri dan modern dan menjamin harga padi yang menguntungkan petani. (inf/pub)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Masa PSBB di DKI Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 7 Januari: Tambah 9.321, Positif 797.723
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

NASIONAL

November, Seleksi Terbuka Jabatan Sekda dan Deputi Gubernur Rampung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Perpanjang PSBB Transisi hingga 17 Januari
Presiden Jokowi saat berbincang dengan Menko Luhut dan Menlu Retno dalam sebuah forum. Foto/Antara

NASIONAL

Presiden Tunjuk Luhut Jadi Pengganti Sementara Menteri Edhy

NASIONAL

Menristek: Pentingnya Kolaborasi Riset di Ekonomi Berbasis Inovasi Teknologi
Basarnas berhasil mengangkat serpihan pesawat serta potongan tubuh korban dari laut. Foto/Media Indonesia/Ramdani

NASIONAL

RS Polri Terima 324 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air
Demo mahasiswa tolak omnibus law UU Cipta Kerja. Foto/JPNN

NASIONAL

Stafsus Milenial Jokowi Ajak Mahasiswa ke Istana Bahas Ciptaker
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

NASIONAL

Aturan Vaksin Covid Mandiri Siap Pekan Depan