Home / NASIONAL

Rabu, 27 Januari 2021 - 16:46 WIB

Merapi Erupsi Lagi, Awan Panas Meluncur Sejauh 1,6 KM

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

JAKARTA, BERITANUSA.id – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut Gunung Merapi memuntahkan 22 kali awan panas saat erupsi, Rabu (27/1).

“Awan panas 22 kali, amplitudo maksimal 60 mm, durasi 197 detik,” kata petugas pengamat Gunung Merapi BPPTKG Heru Suparwaka, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/1).

Luncuran awan panas ini mengarah ke hulu Kali Krasak dan Boyong dengan estimasi jarak maksimum 1.600 meter atau 1,6 Km. Guguran teramati 4 kali dengan jarak luncur maksimum 800 meter.

Heru menyebut Gunung Merapi masih “Level III (Siaga)”. Meskipun, kata dia, status itu bisa ditinjau kembali jika ada peningkatan aktivitas yang signifikan.

Ia pun merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten untuk melakukan upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Merapi.

Heru juga meminta penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.

“Pelaku wisata direkomendasikan untuk tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh lima kilometer dari puncak G Merapi,” ujarnya.

Sementara itu, akun Twitter BPPTKG melaporkan 14 kali awan panas guguran pada periode pukul 06.00 hingga 12.00 WIB.

“Akibat awan panas ini, dilaporkan terjadi hujan abu intensitas tipis di beberapa desa di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali dan Boyolali kota,” kicau akun BPPTKG, Rabu (27/1).

Gunung Merapi terakhir erupsi besar pada Oktober 2010 lalu. Saat itu tercatat 353 orang tewas termasuk juru kunci Mbah Maridjan.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi rekayasa lalu lintas. Foto: Ist

NASIONAL

Demo di Depan Kedubes Prancis, Polisi Terapkan Rekayasa Lalin
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Penanganan Bencana Harus Terintegrasi dari Hulu ke Hilir
Aksi unjuk rasa di belakang gedung MPR/DPR, Jalan Tentara Pelajar, Jakarta, Senin (30/9). Foto/ANTARA/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

Rekayasa Lalu Lintas Jelang Demo Buruh dan FPI di Jakarta

NASIONAL

Yogyakarta Jadi Provinsi Terbaik Penanganan Covid-19
Inspektur Jenderal (Purn) Benny Mamoto. Foto/Ist

NASIONAL

37 Anggota dan Eks FPI Dituding Terlibat Aksi Teror
Warga berolahraga di alun-alun Kota tangerang untuk mendapatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Foto/Antara/Fauzan

NASIONAL

Update Corona 30 Desember: Tambah 8.002, Positif 735.124
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara resmi menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa (20/10). Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

PM Jepang Kunjungi Indonesia, Bahas Empat Hal Ini
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

5 Aturan PSBB Ketat DKI Jakarta