Home / NASIONAL

Selasa, 23 Februari 2021 - 19:43 WIB

Merapi Keluarkan 12 Kali Guguran Lava Pijar

Gunung merapi erupsi. Foto/ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Gunung merapi erupsi. Foto/ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

YOGAYAKARTA, BERITANUSA.id – Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali mengeluarkan guguran lava pijar, Selasa (23/2) dini hari hingga pagi tadi.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat sejak pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, guguran lava pijar gunung api aktif tersebut terjadi hingga 12 kali.

Adapun jarak luncur terjauh guguran mencapai 1.200 meter ke arah barat daya.

“Teramati 12 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.200 meter ke arah barat daya,” sebagaimana dikutip dari rilis resmi BPPTKG.

BPPTKG juga mencatat terjadi 31 kali gempa guguran Gunung Merapi dengan amplitudo 3-330 mm dan durasi 10 hingga 128 detik. Gunung yang membentang di perbatasan Kabupaten Sleman, Magelang, dan Boyolali ini juga mengalami dua kali gempa hembusan dengan amplitudo 4-30 mm dengan durasi 12 hingga 15 detik.

Sementara status aktivitas vulkanik Gunung Merapi kini berada di level III atau waspada.

Sejumlah kawasan seperti Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih yang berada di wilayah selatan hingga barat daya kini dalam jangkauan potensi bahaya.

BPPTKG juga mengingatkan bahaya lahar Gunung Merapi yang perlu diwaspadai, terutama jika terjadi hujan di sekitar kawasan. Sementara untuk erupsi eksplosif, material vulkanik diperkirakan bisa terlempar hingga radius 3 kilometer dari puncak.

Karena itu petugas BPPTKG pun mengimbau masyarakat maupun wisatawan untuk tidak beraktivitas di zona dengan potensi bahaya. Termasuk dalam hal ini, areal bukaan kawah di radius 5 kilometer dari puncak Merapi.

“Maksimal 5 kilometer,” tulis BPPTKG.

Selain itu, untuk sementara ini aktivitas penambangan di sungai-sungai di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III–yang menuju ke hulu di Merapi–juga telah dihentikan.

Merujuk pada situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bnpb.go.id, KRB III merupakan wilayah yang sering terkena awan panas, aliran lava, lontaran bom vulkanik, serta guguran batu pijar.

“Direkomendasikan untuk dihentikan,” pesan BPPTKG.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

PPKM Mikro Diharapkan Bangun Kesadaran Prokes Skala Kampung
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Mutasi Corona dari Inggris Belum Terdeteksi di RI
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran beserta dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi banjir Kabupaten Bekasi. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kapolda dan Pangdam Jaya Tinjau Banjir di Kabupaten Bekasi
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Beritanusaid

NASIONAL

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka Pekan Ini
Antrian calon penumpang untuk pemeriksaan dokumen di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (15/5/2020). Foto/MI

NASIONAL

Tutup Pintu WNA, WNI Tetap Boleh Masuk
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto/PUPR

NASIONAL

PUPR Dorong BUJT Tingkatkan Kualitas Layanan
Gedung Waskita Karya (Ilustrasi). Foto/Kata Data

NASIONAL

Kasus Proyek Fiktif Waskita Karya, KPK Sita Rp12 Miliar
Rapat paripurna DPR RI. Foto/Ist

NASIONAL

Anggota DPR Siap Kawal RUU HIP Sampai Dibatalkan Dari Prolegnas