Home / NASIONAL / NUSANTARA

Kamis, 28 Januari 2021 - 15:02 WIB

Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran 52 Kali

Gunung Merapi. Foto/Ist

Gunung Merapi. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa telah terjadi awan panas guguran 52 kali dari Gunung Merapi yang mengarah ke arah barat daya hulu sungai Krasak dan Boyong dengan jarak luncur antar 500 sampai 3.000 meter.

Timbulnya rentetan awan panas ini menyebabkan warga Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman, yang sudah kembali ke rumahnya dari barak pengungsian Glagaharjo, Selasa (26/1) kembali lagi ke pengungsian, pada Rabu (27/1) malam pukul 23.30 WIB.

Adapun data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mencatat, ada 48 warga Kalitangeh Lor yang kembali mengungsi. Ke-48 warga itu terdiri atas 24 lansia, 21 orang dewasa, 2 anak-anak, dan 2 balita.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan sebagai antisipasi adanya aktivitas Gunung Merapi yang terjadi Rabu (27/1/2021), warga Kalitengan Lor itu dibantu relawan.

Sedangkan, untuk keperluan para pengungsi di barak, sudah tersedia sehingga tidak ada masalah. “Dari laporan petugas pagi ini sebagian pengungsi sudah naik lagi. Tinggal 5 orang yang masih bertahan,” terang Makwan, Kamis (28/1).

Makwan melanjutkan, selain warga Kalitengah Lor, 10 warga Ngrangkah, Umbulharjo, Cangkringan, terdiri atas 2 orang dewasa, 5 anak-anak, dan 2 balita juga dilaporkan melakukan pengungsian ke barak pengungsian Plosokerep, Umbulharjo, Rabu (27/1) malam.

Kemudian, 45 warga Turgo, Purwobinangun, Pakem Rabu (27/1/2021) juga sudah mengungsi di barak pengungsian Purwobinangun. Mereka terdiri atas 33 lansia, 76 orang dewasa, 32 anak-anak, 1 bayi, 3 balita, dan 1 ibu hamil.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Suasana misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Panduan Ibadah Natal Saat Pandemi Covid-19
Pembelajaran tatap muka di Makassar. Foto/Antara

NASIONAL

Selamat Hari Guru Nasional 25 November
Gedung KPK yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Periksa Dirut Sarana Jaya Soal Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto/Ist

NASIONAL

Mahfud MD Buka 5 Nama Jenderal Calon Kapolri
Dengan metode PCR swab, petugas mengambil sampel lendir dari dalam hidung seorang warga di Jepang, untuk mendeteksi virus korona. Foto/AFP

NASIONAL

Proyek Pengadaan PCR, Oknum Dinkes Sultra Disuap Rp432 Juta
Tol Jakarta-Cikampek. Foto/ANTARA

NASIONAL

Dua Titik Macet Tol Cikampek Saat Libur Akhir Tahun
Komisi Yudisial. Foto/MI

NASIONAL

Mukti Fajar Resmi Jadi Ketua Komisi Yudisial
Ilustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/IstIlustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 6 Oktober: 311.176 Positif, 236.537 Sembuh