Home / NASIONAL / NUSANTARA

Senin, 22 Februari 2021 - 10:39 WIB

Merapi Muntahkan 5 Kali Lava Pijar, 25 Gempa Guguran

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali menunjukkan aktivitas vulkanik berdasarkan pengamatan pada Senin mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humauda menuturkan gunung aktif tersebut mengeluarkan lima kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 800 meter ke arah barat daya.

Sebagaimana dikutip Antara, Merapi juga mengalami 25 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-18 MM selama 8 hingga 78 detik pada periode pengamatan yang sama.

Asap kawah terpantau berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi. Sementara cuaca di gunung tersebut berawan, mendung, dan hujan.

Angin bertiup lemah ke arah timur dengan suhu udara 14-23 derajat Celsius, kelembaban udara 71-98 persen dan tekanan udara 568-707 MMHQ.

Sementara untuk periode pengamatan pada Minggu (21/2) pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Merapi mencatatkan 32 kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.000 meter ke arah barat daya ke hulu Kali Krasak dan Kali Boyong.

Berdasarkan laporan aktivitas Merapi pada 12-18 Februari 2021, BPPTKG menyebut intensitas kegempaan lebih rendah dibandingkan pekan sebelumnya. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau menggunakan EDM dan GPS pada pekan ini pun tidak menunjukkan perubahan signifikan.

Hingga kini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Adapun jika terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius tiga KM dari puncak gunung.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penindakan penilangan kepada sejumlah pengendara. (Foto: Federal Oil)

NASIONAL

Minggu Depan, Tilang Mulai Berlaku di Masa PSBB Transisi
Ilustrasi kegiatan selama PSBB Transisi di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

PPKM Jawa-Bali Mulai Diterapkan Hari Ini
Warga melintas di dekat spanduk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok nomor urut 1 Pradi Supriatna-Afifah. Foto/MI

NUSANTARA

Depok Masuk Zona Merah Covid Lagi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Terbitkan SE, Tito Minta Kepala Daerah Antisipasi Bencana
Basarnas menemukan 29 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. Foto/Instagram @sar_nasional).

NASIONAL

29 Korban Tanah Longsor di Sumedang Ditemukan
Seorang siswa belajar daring dengan akses internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta di Kantor RW 02 Kampung Internet, Galur, Jakarta, Kamis. Foto/Antara/Indrianto Eko Suworso

NASIONAL

Kemendikbud Lanjutkan Subsidi Kuota Belajar 2021
Vaksin covid-19 produksi Sinovac. Foto/AFP

NASIONAL

BPOM Jamin Vaksin Sinovac Aman
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto/Suara

NASIONAL

Polisi Perketat Pengawasan Rapid Test Penumpang