Home / EKONOMI

Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:06 WIB

Merger Tiga Bank Syariah BUMN Selesai pada Februari 2021

Bank Syariah Mandiri, salah satu bank syariah milik BUMN. Foto/Ist

Bank Syariah Mandiri, salah satu bank syariah milik BUMN. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Merger tiga bank syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ditargetkan selesai pada Februari 2021. Saat ini tiga bank syariah yang terdiri dari BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri baru saja menandatangani Conditional Merger Agreement (CMA).

“Nanti Insyaallah legal merger kuartal I 2021. Diharapkan Februari 2021 little merger. Di situ secara resmi (merger) terjadi,” kata Ketua Tim Project Management Office (PMO) sekaligus Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hery Gunardi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (13/10).

Hery menyebut, BRI Syariah akan menjadi entitas yang menerima penggabungan (surviving entity). Anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk itu sengaja dipilih menjadi surviving entity karena menjadi satu-satunya perusahaan yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Kenapa jadi surviving, karena satu-satunya dari tiga bank syariah BUMN lain yang sudah public lilsted. Itu jadi cangkang, kami pakai proses itu. Proses penggabungan nanti atau legal merger lebih mudah,” ucap Hery.

Lebih lanjut Hery menyatakan pihaknya bersama manajemen bank syariah BUMN lainnya akan mengumumkan skema merger lebih detail pada 20 Oktober 2020 mendatang. Ia menyatakan saat ini masing-masing manajemen perusahaan sedang mengkaji rencana bisnis bank (RBB) pasca merger.

“Nanti 20 Oktober 2020 akan kami umumkan rencana merger seperti apa. Bagaimana komposisi saham, logo mungkin ada juga, kemudian bagaimana terkait dengan layanan nasabah,” tutur Hery.

Setelah itu, masing-masing perusahaan akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) jika rencana merger ini sudah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jika semua sesuai jadwal, maka merger bisa resmi dilakukan pada awal 2021 mendatang.

(heq/cnn)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi perhotelan. Foto/Antara

EKONOMI

80 Pelaku Usaha Perhotelan Usulkan Penyesuaian UMP Tahun 2021
Pedagang minuman beristirahat dengan latar belakang gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (6/10). Foto/Antara

EKONOMI

Realisasi PEN Baru Terserap 58,7 Persen per 18 November
Ilustrasi uang rusak. Foto/Liputan 6

EKONOMI

Cara Tukar Uang Rupiah Kertas dan Logam yang Rusak
Ilustrasi ekspor dan impor. Foto/Istimewa

EKONOMI

Penjaminan Kredit Modal Kerja dari LPEI, Salah Satu Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional
Petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang pesawat yang tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Foto/Antara

EKONOMI

Bandara Sediakan Tes Swab dan Rapid Antigen, Ini Harganya
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Program BLT UMKM Bakal Lanjut pada 2021
Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

BLT UMKM Rp2,4 Juta Sudah Tersalurkan 50 Persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Ist)

EKONOMI

Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Bakal Dinaikkan