Home / KESEHATAN

Kamis, 18 Februari 2021 - 07:03 WIB

Minum Kopi dan Teh Panas Dianjurkan Saat Pagi Hari

Ilustrasi kopi. Foto/Foodiesz

Ilustrasi kopi. Foto/Foodiesz

BERITANUSA.id, JAKARTA – Selain mengatur pola makan, ada kebiasaan yang sebaiknya mulai dilakukan saat pagi hari. Para ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk memulai hari dengan menikmati secangkir minuman panas, guna mencapai bobot badan yang ideal.

Minum kopi, misalnya, dengan sedikit gula atau krim kala pagi. Menurut ahli kesehatan merupakan salah satu pilihan terbaik bagi yang ingin mengendalikan berat badan. Jika bukan peminum kopi, bisa memilih secangkir teh hijau panas.

Ahli nutrisi In-House MyFitnessPal, Stephanie Nelson, menjelaskan kebaikan kopi dan teh hijau karena kandungan kafein dan antioksidan. Meskipun, keduanya tidak serta-merta membuat perubahan signifikan pada berat badan.

Dua minuman itu memberi energi sepanjang pagi yang baik bagi seseorang yang menjalani program diet. Antioksidan dalam teh hijau dan kopi juga membantu mengurangi peradangan sehingga menekan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

“Ditambah lagi, teh hijau dan kopi tidak memiliki tambahan gula secara alami, dan mengurangi asupan gula tambahan bermanfaat untuk kesehatan dan penurunan berat badan,” ungkap Nelson, seperti dikutip dari laman SheFinds, Rabu (10/2).

Selain minuman pagi, prioritas lain adalah memperhatikan asupan makanan yang menyertainya. Kuncinya adalah dengan apa seseorang meminum kopi atau tehnya. Pilihan terbaik adalah sarapan tinggi serat seperti oatmeal atau buah.

Bercampurnya minuman dengan serat memicu rasa kenyang yang lebih lama dan akan memperlambat pencernaan. Dengan begitu, seseorang tidak merasa perlu makan untuk sementara waktu tetapi bisa tetap memiliki simpanan energi.

Ketika akan menghidangkan minuman saat pagi hari, Nelson menjelaskan bahwa lebih banyak manfaat bisa didapat dengan sesedikit mungkin campuran lain. Misalnya, tidak perlu banyak krim, susu, atau gula.

Pasalnya, tambahan yang terlalu banyak dapat menyebabkan gula darah melonjak sehingga seseorang cepat lapar. Jika ingin ada tambahan rasa pada minuman pagi, lebih baik menambahkan kayu manis, pala, atau cengkeh ke dalam kopi dan teh.

Bisa juga menjajal teh varian buah, seperti teh mangga atau teh delima. Pada intinya, memang tidak ada minuman yang langsung menyulap perut jadi rata atau mengecilkan ukuran lingkar pinggang seseorang.

Akan tetapi, minum kopi dan teh hijau dapat mempermudah seseorang untuk mencapai tujuan akhir tersebut. Tentunya, harus diimbangi dengan diet sehat dan seimbang, rutinitas olahraga, serta kebiasaan tidur yang tepat.

Fungsi menurunkan peradangan dari teh dan kopi juga bisa melawan kembung secara teratur, yang merupakan ide bagus saat ingin menurunkan berat badan. Jadi, siapkan kopi atau teh tiap pagi, dengan sarapan padat nutrisi.

(*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi saat kerja. Foto/Ist

KESEHATAN

Cara Hilangkan Kantuk saat Bekerja Selain Minum Kopi
Foto: Ist

KESEHATAN

Penderita Diabetes Disarankan Konsumsi Buah Ini
Temulawak. Foto/Ist

KESEHATAN

7 Rempah yang Bisa Tangkal Virus Corona
Ilustrasi pintu toilet. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Jangan Terlalu Lama di Toilet, Rentan Tertular Penyakit
Ilustrasi tidak nafsu makan. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Waspada, 5 Gejala Seseorang Menderita Penyakit Serius
Daun kemangi. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Daun Kemangi, Mengurangi Stres hingga Mencegah Kanker

KESEHATAN

Begini Ciri-ciri Orang Depresi dan Cara Atasinya
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Deretan Manfaat Vaksinasi Covid-19