Home / KESEHATAN

Rabu, 17 Februari 2021 - 12:03 WIB

Minum Teh Hijau 4 Cangkir Sehari Bisa Turunkan Berat Badan

Ilustrasi teh hijau. Foto/Istimewa

Ilustrasi teh hijau. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Sciences menyebut minum empat cangkir teh hijau per hari selama dua bulan bisa menurunkan berat badan, baik dari indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang, maupun tekanan darah.

Selain itu, manfaat lainnya juga bisa mengurangi resiko obseitas dan diabetes. Seperti dilansir laman fitandwell, Rabu (17/2), katekin, bahan kimia alami yang ditemukan di tanaman, dalam teh hijau juga berfungsi sebagai antioksidan.

Istilah “antioksidan” mungkin sangat sering disinggung dalam dunia kesehatan, namun hal ini tidak dijelaskan secara gamblang.

Pada dasarnya antioksidan berguna untuk mengatur kadar oksidasi pada tubuh, reaksi kimia yang disebabkan oleh sel tubuh saat memasukkan oksigen dan menghasilkan molekul yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas sejatinya tidak berbahaya, dan tubuh mampu menampungnya. Namun jika terlalu banyak, maka dapat menyebabkan tubuh mengalami stres oksidatif

Stres oksidatif ini akan berujung pada gangguan autoimun, penuaan, katarak, kanker, rheumatoid arthritis, penyakit kardiovaskular dan neurodegeneratif.

Menurut International Journal of Biomedical Science, teh hijau, dengna kandungan antioksidannya, dapat membantu mencegah oksidasi berlebih pada tubuh, dan mengurangi segala resiko yang dapat disebabkannya.

Sebuah studi yang diterbitkan di Rensselaer Polytechnic Institute telah menemukan antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau yang dapat meningkatkan kadar p53, protein anti kanker alami, dalam tubuh manusia.

(fit/wel)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Olahraga lari. Foto/Freepik

KESEHATAN

4 Tips Optimalkan Kesehatan Agar Terhindari Covid-19
Ilustrasi rokok elektrik. Foto/AFP

KESEHATAN

Rokok Elektrik Rentan Terpapar Covid
Peralatan dapur berbahan stainless. Foto/Ist

KESEHATAN

Waspada, Benda dan Tempat Ini Bisa Jadi Media Penyebaran Corona
Vaksin Covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

9,1 Juta Vaksin Covid Tersedia hingga Akhir Tahun
Buah apel. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Manfaat Konsumsi Rutin Buah Apel
Bawang putih. Ist

KESEHATAN

7 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Dosis Kedua Vaksinasi Covid Sebaiknya Tepat Waktu
Ilustrasi minum kopi. Foto/Ist

KESEHATAN

Khasiat Minum Kopi Sebelum Berolahraga