Home / NASIONAL

Kamis, 21 Januari 2021 - 20:29 WIB

MK Sebut UU Ciptaker dan UU Corona Paling Banyak Digugat

Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A

Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A

JAKARTA, BERITANUSA.id – Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan UU Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanganan Pandemi Covid-19 dan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi aturan yang paling banyak digugat ke MK sepanjang 2020.

“Terdapat undang-undang dengan frekuensi pengujian terbanyak. Pertama, UU Nomor 2 Tahun 2020 dengan sembilan kali, lalu kedua, UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja diuji delapan kali,” kata Ketua MK Anwar Usman dalam keterangannya di kanal Youtube MK, Kamis (21/1).

UU Penanganan Corona sempat menuai kritik dan sorotan dari publik. Sebab, aturan pada pasal 27 ayat (1) dan ayat (2) beleid tersebut memungkinkan kekebalan hukum, baik pidata atau perdata, terhadap Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Sementara UU Cipta Kerja sejak awal pembentukan juga telah menuai polemik. Mulai dari proses pembahasan hingga substansi yang dinilai hanya menguntungkan sejumlah pihak.

Lebih lanjut, UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada menyusul di urutan ketiga sebagai aturan dengan frekuensi paling banyak diuji sebanyak enam kali. Lalu disusul UU tentang MK, UU tentang Pemilu, dan UU tentang Minerba masing-masing lima kali uji materi.

Sepanjang 2020, kata Anwar, tercatat ada 61 UU yang diuji. Jumlah ini meningkat dibandingkan UU yang diuji pada 2019.

“Tahun 2019 hanya 56 UU (diuji),” kata Anwar.

Anwar juga menyatakan MK telah menerima 139 pengajuan uji perkara dari masyarakat sepanjang 2020. Dari jumlah itu, 109 perkara berhasil diregistrasi dan 89 perkara sudah diputus oleh MK.

“Dari 89 putusan, jika dilihat dari amarnya, 3 perkara dikabulkan, 27 ditolak, 45 tak dapat diterima, 14 ditarik kembali,” kata Anwar.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Jajaran Polsek Kembangan memberikan bantuan dengan cara memborong tukang roti untuk dibagikan ke korban banjir di tempat pengungsian. Foto/Istimewa

NASIONAL

Metode Trauma Healing Polisi untuk Hibur Korban Banjir
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Polri Terima 62 Laporan Orang Hilang dan 308 Kantong Jenazah
Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Prioritas Vaksin Covid untuk Warga yang Belum Terpapar
Penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte TransJakarta Pasar Baru Timur, Jakarta, Selasa (10/9). Foto/MI/Bary Fathahillah

NASIONAL

Imbas Demo Buruh, Transjakarta Ubah Rute Blok M-Kota
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

NASIONAL

Warga Diminta Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos
Gugus tugas kampanye 2020. Foto/Ist

NASIONAL

Gugus Tugas Siap Kawal Kampanye Pilkada di Media Massa
Gunung Semeru. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, 550 Warga Mengungsi
Ilustrasi gempabumi. (Foto: IST)

NASIONAL

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Banda Aceh, Warga Sempat Panik