Home / GLOBAL

Selasa, 21 Juli 2020 - 10:01 WIB

MUI: Posisi Indonesia di Dewan Keamanan PBB Bisa Bantu Merdekan Palestina

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Dunia internasional begitu juga Indonesia dengan keras mengutuk rencana pencaplokan Tepi Barat Palestina yang dilakukan pemerintah Israel.

Walaupun aneksasi tersebut dibatalkan, bukan berarti rencana tersebut hilang begitu saja.

Sebagai negara yang memiliki kedekatan emosional dengan Palestina sejak puluhan tahun silam, Indonesia tak tinggal diam dengan tindakan imperialisme yang dilakukan Israel.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan Palestina, Majelis Ulama Indonesia telah menyelenggarakan webinar internasional bertajuk “Stop Israel’s Imperialism” pada Kamis, 16 Juli 2020 sore.

Wakil Ketua Umum MUI KH. Muhyiddin saat membuka webinar ini menyampaikan bahwa Indonesia selalu berada di belakang Palestina.

“Sikap Indonesia bukan hal baru untuk Palestina, dan Palestina juga tidak baru tentang Indonesia, Sehingga kita memiliki kesamaan, khususnya setelah Israel berencana melakukan aneksasi di Palestina, kami mengutuk apa yang sudah Israel kepada Palestina itu,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Palestina menjadi salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Karena itu, saat ini, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk membantu kemerdekaan Palestina, terutama karena posisi Indonesia sekarang menjadi anggota Dewan Keamanan PBB.

“Indonesia sekarang menjadi anggota DK PBB, ini adalah kesempatan emas untuk mengambil sikap terkait ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal MUI Buya Anwar Abbas menyampaikan, apa yang dilakukan Israel yang merencanakan aneksasi formal kepada Palestina itu, selain melanggar ham juga menimbulkan kekacauan baru di wilayah tersebut.

“Rencana aneksasi Israel adalah wujud imperialisme dan itu juga akan merusak segala upaya yang dilakukan semua pihak untuk mencari jalan keluar terkait masalah ini,” katanya.

MUI, dalam kesempatan itu, kata dia, mengajak semua pihak khususnya negara-negara mayoritas Muslim maupun organisasi seperti OKI untuk bekerjasama dan menyatukan suara.

“MUI mengajak semua bekerjasama dan menghentikan konflik ini dan mencari jalan strategis untuk menghentikan imperialisme Israel kepada Palestina,” ungkapnya.

Pertemuan melalui webinar ini, kata dia, juga salah satu langkah MUI mencari jalan paling memungkinkan dilakukan untuk menghadapi imperealisme Israel itu.

Masih dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memandang rencana aneksasi formal ini menghadirkan tantangan besar bagi Palestina. Di satu sisi mereka harus menjaga kedaulatan negara, namun di sisi lain pandemi Covid-19 sedang mengancam.

“Secara jujur, tantangan perjuangan bangsa Palestina sangat besar dan akan semakin besar ke depan,” katanya.

“Rencana ini telah mengancam eksistensi Palestina sebagai bangsa. Walaupun aneksasi formal tidak jadi dilakukan, namun bukan berarti agenda ini hilang,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Menlu menyampaikan apa yang selama ini sudah dilakukan Indonesia untuk membantu Palestina dan langkah strategis untuk membendung rencana aneksasi formal kepada Palestina oleh Israel terulang. (pr/jp)

Share :

Baca Juga

Presiden AS Donald Trump. Foto/Ist

GLOBAL

AS Beri RI Miliaran Dolar Asal Buka Hubungan dengan Israel
Ilustrasi hacker. Foto/Thinkstock

GLOBAL

Selebgram Nigeria Bantu Hacker Korut Curi Rp18,3 T
Ilustrasi Covid-19 di dunia. Foto/AFP

GLOBAL

WHO: 2022 Kehidupan Akan Kembali Normal
Pengadilan Kamboja menjatuhkan vonis 25 tahun penjara bagi tokoh oposisi, Sam Rainsy, yang mengasingkan diri ke luar negeri. Foto/Reuters

GLOBAL

Kamboja Vonis Tokoh Oposisi 25 Tahun Penjara
Ledakan besar yang mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, mengakibatkan bangunan hancur hingga menewaskan banyak orang. Foto/AFP

GLOBAL

73 Orang Tewas dan Ribuan Terluka Akibat Ledakan di Lebanon
Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan diterima langsung oleh Presiden Donald Trump. Foto/Kemenko Marvest

GLOBAL

Menko Luhut Kunjungi Trump di AS, Bahas Hal Ini
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Foto/AFP

GLOBAL

Pemerintah Brasil Tolak Beli Vaksin Corona dari China
Peta wilayah Palestina yang dihapus Google Maps. Foto: Istimewa

GLOBAL

Warganet Kecam Palestina Dihapus dari Google Maps