Home / NASIONAL

Senin, 11 Januari 2021 - 21:46 WIB

MUI: Vaksin Sinovac Suci dan Halal

Sertifikasi Halal MUI. Foto/Ist

Sertifikasi Halal MUI. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi menetapkan fatwa halal untuk vaksin Covid-19 yang diproduksi perusahaan asal China, Sinovac. Vaksin tersebut kini boleh digunakan oleh umat Islam.

“Memutuskan, menetapkan fatwa ketentuan hukumnya vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Sciences China dan Bio Farma hukumnya suci dan halal,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/1).

Asrorun menjelaskan MUI telah menyatakan vaksin Sinovac halal dan suci pada Jumat (8/1). Namun, dalam keputusan itu ada pertimbangan penggunaan vaksin harus melalui kualifikasi thayyib atau baik.

Asrorun berkata kualifikasi thayyib bisa merujuk pada hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Menurutnya, izin penggunaan darurat yang diterbitkan BPOM hari ini telah melengkapi fatwa halal MUI terhadap Sinovac.

“Demikian fatwa sudah tuntas seiring dengan persetujuan emergency use authorization oleh BPOM,” ujarnya.

Fatwa kehalalan vaksin Covid-19 Sinovac telah ditandatangani oleh Asrorun Niam selaku Ketua MUI Bidang Fatwa. Fatwa itu juga ditandatangani oleh Ketua MUI Miftakhul Akhyar dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan.

Sebelumnya, BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-29 dari Sinovac. Tingkat kemanjuran atau efikasi vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen berdasarkan uji klinis fase 3 di Bandung, Jawa Barat.

Angka tersebut sudah sesuai dengan standar atau ambang batas efikasi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni minimal 50 persen.

Menurut BPOM, efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang. Efek samping bersifat lokal berupa nyeri, iritasi, pembengkakan. Sementara efek samping sistemik, berupa nyeri otot, fetik, dan demam.

Sedangkan frekuensi efek samping dengan derajat berat, sakit kepala, gangguan di kulit atau diare yang dilaporkan hanya 0,1 sampai dengan 1 persen. Efek samping tersebut bukan efek samping yang berbahaya dan dapat pulih kembali.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Ujian Nasional. Foto/Freepik

NASIONAL

Cara Registrasi Akun LTMPT untuk SNMPTN 2021
Foto/TNI

NASIONAL

Hari Ini, TNI Peringati HUT ke-75 di Istana Negara Secara Virtual
Polres Metro Jakarta Utara.

NASIONAL

Polrestro Jakut Bentuk Timsus Penegak Disiplin Protokol Kesehatan
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Foto/MI

NASIONAL

Menpan RB Tjahjo Usul Pangkas Libur Lebaran 2021
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto/Ist

NASIONAL

Terkait Proyek Jet Tempur Korsel, Prabowo Negosiasi Ulang
Ilustrasi pengguna Twitter. Foto/Unsplash

NASIONAL

Lewat Virtual Police, Polisi Kini Pantau Medsos

NASIONAL

Yogyakarta Jadi Provinsi Terbaik Penanganan Covid-19
Ilustrasi PLN. Foto/Ist

NASIONAL

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020