Home / EKONOMI

Selasa, 4 Agustus 2020 - 16:30 WIB

Mulai 17 Agustus, UMKM Dapat Langsung Membuat NPWP di Empat Bank Himbara

Link ATM. Foto: Istimewa

Link ATM. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Mulai 17 Agustus mendatang, empat bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengintegrasikan layanan aplikasi validasi dan pendaftaran nomor pokok wajib pajak (NPWP) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sehingga dapat melakukan validasi dan pendaftaran NPWP nasabah atau calon nasabah secara online melalui sistem penyedia jasa aplikasi perpajakan.

Integrasi layanan ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi bagi masyarakat, khususnya mereka yang belum memiliki NPWP untuk membuka rekening bank maupun mengajukan kredit dimana data NPWP menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah data NPWP.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, aplikasi pendaftaran dan validasi NPWP melalui bank ini diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM mengakses dan mendapatkan fasilitas bantuan subsidi bunga/margin yang diberikan pemerintah untuk membantu pelaku UMKM mempertahankan kelangsungan usahanya.

DJP mengimbau wajib pajak termasuk pelaku UMKM agar segera memanfaatkan berbagai stimulus pajak yang telah disediakan pemerintah dalam rangka menjaga dan memulihkan ekonomi nasional.

Selain data NPWP, sistem validasi ini juga dapat menunjukkan riwayat kepatuhan pelaporan surat pemberitahuan pajak penghasilan yang dapat digunakan bank dalam proses evaluasi risiko kredit.

Selain meningkatkan kemudahan administrasi bagi nasabah, fitur validasi NPWP ini meningkatkan kualitas prosedur Know Your Customer (KYC) bagi pihak bank karena validasi data NPWP nasabah atau calon nasabah tidak lagi bergantung pada kartu fisik NPWP tetapi dilakukan secara langsung ke sistem DJP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai fasilitas dan kebijakan pajak dalam rangka merespons Covid-19 kunjungi www.pajak.go.id/covid19. (rls/keu)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi warga saat menerima bantuan uang tunai. Foto/Antara

EKONOMI

Bansos Tunai Rp300 Ribu Cair Hari Ini
Uang pecahan Rp5.000 tahun emisi 1975 tak akan berlaku lagi mulai akhir tahun 2020. Foto/Ist

EKONOMI

Segera Tukar, 6 Pecahan Uang Rupiah Tak Berlaku Lagi
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

EKONOMI

Soal GeNose, Kemenhub Tunggu Izin Satgas Covid
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun di Laut RI
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist

EKONOMI

18 Provinsi Ikuti SE Penetapan Upah Minimum 2021
Uji coba LRT. Foto/Antara

EKONOMI

Korsel Minat Investasi di RI pada Sektor Transportasi
Waspadai kejahatan dengan modus penggantian nomor SIM Card tiba-tiba tanpa sepengetahuan pemilik. Foto/MI

EKONOMI

Rincian Ketentuan Pajak Pulsa hingga Token Listrik
Pedagang menata cabai rawit merah di Pasar. Foto/MI

EKONOMI

Survei BI: Inflasi November 2020 Naik 0,21 Persen