Home / NASIONAL

Kamis, 18 Februari 2021 - 09:00 WIB

Mulai 21 Mei, Pengesahan STNK Via Online

Sejumlah warga Jakarta mengantre untuk perpanjangan STN. Foto/MI

Sejumlah warga Jakarta mengantre untuk perpanjangan STN. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus mengembangkan inovasi serta pelayanan terbaik kepada masyarakat dilakukan secara online (daring). Usai layanan perpanjangan dan pembuatan SIM secara online, kali ini Polri sudah merencanakan pengesahan STNK juga dilakukan daring.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menjelaskan, pelayanan secara daring akan terus dikembangkan bertujuan untuk mengurangi interaksi antara petugas dengan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut juga sejalan dengan program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“STNK kita bikin secara daring merespon pandemi Covid, program Presisi bapak Kapolri, tren internet of things, evaluasi program terdahulu tentang fitur identifikasi dan keamanan,” ujar Irjen Istiono dalam Rapim Polri di Mabes Polri Jakarta, Rabu (17/2).

Layanan pengesahan STNK secara daring rencananya akan diluncurkan mulai 21 Mei 2021. Proses pengajuannya menyerupai pengajuan perpanjangan SIM online. Yaitu, mengunduh aplikasi perpanjangan, mengisi data diri, sampai melakukan pembayaran melalui bank.

“Samsat digital nasional, ini fungsinya sebagai sarana pengesahan STNK. Alur sama juga unduh aplikasi sampai validasi sampai pengesahan alur pembayaran STNK,” tutur Istiono menambahkan.

Di tempat dan kesempatan yang sama, Istiono mengimbau kepada para Kapolda untuk menyiapkan layanan pengesahan STNK daring ini. Alasannya, layanan STNK bersentuhan dengan institusi lain.

“Kapolda nanti rekan-rekan saja turun ke lapangan untuk konfirmasi kesiapan Samsat online terkait dengan Dispenda dan Jasa Raharja, karena kalau SIM ini wilayah kita. Kalau Samsat sudah teregistrasi dengan tiga lembaga ini,” tandasnya.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan). Foto/Antara/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

Kemensos Tambah Kuota Penerima Bansos Tunai
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018). Foto: ANTARA/Bima Sena

NASIONAL

Wacana Reuni 212 Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19
Gedung Kejagung RI kebakran. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Ungkap Kronologis Kebakaran Kejaksaan Agung
Presiden Joko Widodo alias Jokowi mendapat suntikan kedua vaksin Covid-19 di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, Rabu (27/1). Foto/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

NASIONAL

Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Corona Dosis Kedua
Ilustrasi gempa dan tsunami. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Banten
Vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Persiapan Matang Pemerintah dalam Vaksinasi Covid
Ilustrasi UMKM. Foto: Istimewa

NASIONAL

UMKM Bakal Dapat Modal Kerja, tapi Masih Dibahas
Tangkapan layar Kemenpzrekraf.

NASIONAL

Konten Animasi untuk Optimalkan Pariwisata Daerah