Home / NASIONAL

Jumat, 22 Januari 2021 - 19:08 WIB

Nadiem Anjurkan Mahasiswa Magang di Perusahaan atau Ormas

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Ist

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menganjurkan mahasiswa magang di organisasi kemasyarakatan (ormas) atau perusahaan. Dia menilai hal itu bisa menambah pengetahuan para mahasiswa.

Nadiem berkata kesempatan magang itu merupakan bagian dari Kampus Merdeka. Mahasiswa diharapkan tidak hanya belajar di ruang kelas, tapi juga di lapangan.

“Sekarang kita merdeka, anak-anak kita bisa belajar di mana pun, di perusahaan-perusahaan hebat, di dalam NGO atau ormas yang hebat, maupun di institusi-institusi pendidikan lainnya yang bukan kampusnya dia. Ini kita menganjurkan,” kata Nadiem dalam diskusi daring, Jumat (22/1).

Nadiem menjelaskan mahasiswa punya jatah 60 sistem kredit semester (SKS) atau setara 3 semester untuk belajar di luar kampus. Sebanyak 20 SKS bisa digunakan untuk belajar di program studi lain di kampus yang sama.

Lalu 40 SKS atau setara 2 semester bisa digunakan untuk magang, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, wirausaha, proyek independen, atau proyek kemanusiaan.

Mantan Bos Gojek itu berkata program Kampus Merdeka baru diterapkan sepanjang sejarah Indonesia. Ia berharap para mahasiswa bisa menggali ilmu lebih luas demi bekal masa depan.

“Masa depan membutuhkan anak-anak yang punya wawasan yang lebar, yang bisa menampung berbagai macam disiplin, kemampuan interpisipliner. Sehingga mereka bisa memecahkan masalah di berbagai macam bidang,” tuturnya.

Sejak dilantik menjadi Mendikbud pada 23 Oktober 2019, Nadiem menawarkan sejumlah gebrakan di bidang pendidikan. Selain Kampus Merdeka, Nadiem juga memperkenalkan Merdeka Belajar.

Salah satu bagian dari Merdeka Belajar adalah penghapusan Ujian Nasional (UN). Ia menggantinya dengan Asesmen Nasional (AN). Berbeda dengan UN, AN digelar untuk memetakan pendidikan di seluruh Indonesia. AN tidak menentukan kelulusan siswa. AN rencananya akan dilangsungkan pada September-Oktober 2021.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin Covid. Foto/Ist

NASIONAL

Pemerintah Mulai Atur Distribusi Vaksin Usai Uji Klinis Tahap ketiga
Ilustrasi -- Bencana tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

Dalam 10 Hari, Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan
Presiden Joko Widodo memberikan Bantuan Presiden (Bantuan Presiden) Produktif Usaha Mikro kepada para pelaku usaha mikro dan kecil di Provinsi Aceh di Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh, pada Selasa, 25 Agustus 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Berikan BLT UMKM Rp2,4 Juta ke 220 Pelaku Usaha di Aceh
Bendung Katulampa. Foto/Antara/Jafkhairi

NASIONAL

Pintu Air Katulampa Bogor Naik ke Level Siaga 3
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG Sebut Puncak Musim Hujan di Akhir Maret 2021
Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap beroperasi. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi: Air Kunci Kemakmuran
Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto/JPG

NASIONAL

Pangdam Jaya Ancam Bubarkan FPI Bila Semena-mena
Sejumlah tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri lengkap untuk memasukan peti mati berisi jenazah. Foto/Antara

NASIONAL

Setahun Corona di RI: 1,3 Juta Positif, 36.325 Meninggal