Home / KULINER

Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:06 WIB

Nikmati Kuliner Langganan Presiden Jokowi di Kota Bogor

Kuliner Soto Bogor. Foto/Ist

Kuliner Soto Bogor. Foto/Ist

BOGOR, BERITANUSA.id – Kota Bogor tak sekadar menjadi kota hujan. Di kota ini, berlimpah ragam kuliner yang siap memanjakan lidah para pencinta makanan. Bogor juga menjadi destinasi wisata kuliner pilihan Presiden Joko Widodo.

Ketika sedang berkantor di Istana Bogor, Presiden Jokowi kerap mendatangi beberapa tempat makan di sekitar Bogor. Mulai dari martabak sampai soto menjadi menu pilihan favorit sang presiden.

Karena kualitas makanannya bagus dan rasanya yang enak, Jokowi kerap memesan makanan dari restoran dan warung makan langganan untuk disajikan di Istana Bogor. Untuk suguhan tamu atau pertemuan penting. Menu kulineran Jokowi ini bahkan pernah dimasukkan ke dalam vlog Jokowi bertajuk ‘Jokowi Kuliner’.

Berikut ini 5 tempat makan di Bogor langganan Presiden Jokowi:

Martabak Kiky

Gerai Martabak Kiky menjadi salah satu kuliner langganan Jokowi. Nama ‘Kiky’ sendiri diambil dari nama pemiliknya, yaitu Kiky Sanjaya.

Gerai yang berada di Jalan Pahlawan No 35A terkenal legendaris. Oleh karena itu kualitas martabaknya tidak perlu diragukan lagi.

Martabak Kiky menawarkan berbagai varian martabak. Ada martabak manis klasik hingga kekinian, dan ada pula martabak telur yang jadi favorit Presiden Joko Widodo.

Nah, Presiden Jokowi juga selalu mengandalkan Martabak Kiky untuk jamuan makan di Istana Negara.

Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.00-an. Selain menu martabak, gerai ini juga tersedia menu bakso dan mie ayam yang tak kalah lezat.

Kluwih Resto

Restoran berkonsep keluarga yang terletak di Jalan Bina Marga, Bogor ini juga menjadi langganan Jokowi dan keluarga. Bahkan terhitung, Jokowi sudah pernah makan di restoran Sunda itu sebanyak empat kali. Menu favorit Jokowi yang dipesan kala itu adalah ayam goreng, tempe, tahu, lalapan dan tak ketinggalan sambal.

Sate Tegal Laka Laka

Selain menu khas Sunda, Jokowi juga penggemar sate khas Tegal. Yang menjadi langganannya adalah Sate Tegal Laka-Laka yang terletak di Jalan KH Sholeh Iskandar Nomor 25, Bogor.

Restoran ini menawarkan sate dari daging kambing dan sapi. Yang menarik dari satenya adalah menggunakan daging kambing muda dan sapi bagian tenderloin.

Sunarto, pemilik restoran mengatakan bahwa restorannya pernah diundang di Istana Negara untuk acara jamuan makan. Ia bahkan hafal betul selera makan Jokowi dan Iriana.

Kedai Soto Ibu Rahayu

Presiden Joko Widodo merupakan seorang pencinta kuliner soto. Nah, di Bogor ada restoran soto yang menjadi langganannya.

Nama restorannya adalah Kedai Soto Ibu Rahayu. Restoran tersebut beralamat di Jalan Pajajaran Indah V No 38. Ada banyak varian soto yang ditawarkan di sini.

Ada Soto Bogor, Soto Oseng, Soto Goreng, Soto Mie, hingga Soto Rica-rica. Pengunjung bisa memesan soto dengan kuah bening atau kuah santan.

Sotonya gurih, isiannya royal dan tekstur dagingnya yang empuk. Selain itu, sotonya juga disajikan hangat-hangat.

Toge Goreng Hj Omah

Kuliner di Bogor juga terkenal dengan toge goreng. Nah, warung toge goreng Ibu Hj Omah yang menjadi langganan Jokowi. Warungnya sederhana terletak di Jalan Jenderal Sudirman No 23 A.

Warung ini sudah terkenal legendaris di Bogor, karena sudah ada sejak tahun 1973.

Bahkan warung toge goreng ini sudah lima kali diundang ke Istana Bogor. Bukan hanya Presiden Jokowi saja, tetapi juga mantan Presiden Megawati.

(pmj/nws)

Share :

Baca Juga

Restoran Terapung. Foto/Ist

KULINER

Nikmati Sensasi Makan di Atas Sungai dengan Kuliner Khas Banjar
Sup rawon. Foto/Istimewa

KULINER

Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terlezat di Asia
Bawang putih. Ist

KESEHATAN

7 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi
Ramyeon. Ilustrasi

KULINER

5 Makanan Ini Jadi Populer Berkat Drama Korea
Mie instan, boleh dikatakan merupakan jenis makanan yang kerap dipilih dan menjadi favorit banyak orang. Foto/Istimewa

KULINER

Meski Enak, Ini Bahaya Mie Instan Jika Sering Dikonsumsi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar program Jejaring KaTa Kreatif (Kabupaten/Kota Kreatif). Foto/Kemenparekraf

KULINER

Kemenparekraf Promosikan Kuliner Khas dari KaTa Kreatif
Ilustrasi menu sarapan pagi. Foto/Pixabay

KESEHATAN

5 Khasiat Sarapan Pagi untuk Kesehatan
Olahan unik tape pisang. Foto/Ist

KULINER

UMKM Lumajang Hadirkan Olahan Unik Tape Pisang