Home / EKONOMI

Selasa, 2 Maret 2021 - 22:08 WIB

Nilai Tukar Petani Turun 0,15 Persen Per Februari 2021

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) nasional sebesar 103,1 pada Februari 2021. Foto/Antara

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) nasional sebesar 103,1 pada Februari 2021. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) nasional sebesar 103,1 pada Februari 2021. Angka tersebut turun 0,15 persen dari posisi Januari 2021 yang sebesar 103,26.

Sebagai informasi, NTP adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani. NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani di pedesaan.

NTP juga menunjukkan daya tukar (terms of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun dengan biaya produksi.

“Agak turun sedikit dibandingkan Januari 2021, ada dua sub sektor yang alami penurunan NTP,” ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Senin (1/3).

Ia menjabarkan NTP sub sektor tanaman pangan turun 0,84 persen dan peternakan turun 0,33 persen. NTP sub sektor tanaman pangan turun karena penurunan indeks pada kelompok padi sebesar 0,88 persen.

Sementara, NTP peternakan turun lantaran anjloknya harga komoditas pada tiga kelompok, yaitu ternak kecil sebesar 0,25 persen, unggas sebesar 0,71 persen, dan hasil ternak sebesar 0,02 persen.

Di sisi lain, terdapat tiga sub sektor lain yang meningkat. Ketiganya adalah tanaman hortikultura, tanaman perkebunan rakyat, dan perikanan.

“Tiga sub sektor lain yang meningkat yaitu tanaman hortikultura 1,83 persen, tanaman perkebunan rakyat 0,35 persen, dan perikanan 0,3 persen,” kata Suhariyanto.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

EKONOMI

Pemulihan Ekonomi Jakarta Sasar Masyarakat Rentan hingga UMKM
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

EKONOMI

Jokowi Ingin RI Main Pasar Mobil Listrik
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

EKONOMI

Insentif Prakerja Sudah Cair 5 Januari
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/Antara

EKONOMI

Menhub Bakal Kembangkan KRL di Berbagai Daerah
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

4 Program BLT Pemerintah Mengalir Hingga 2021
Petani sednagn mengolah tanah persawahan dengan traktor. Foto/Kementan

EKONOMI

Produktivitas Pertanian RI Menurun, Perlu Ada Marketplace
Presiden Joko Widodo menghadiri dan menyampaikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu, 21 November 2020. Foto/BPMI/Setpres

EKONOMI

Jokowi Singgung UU Ciptaker dan Ekonomi Hijau di KTT G20
Uji coba GeNose di Stasiun Pasar Senen. Foto/Dok Kemenhub

EKONOMI

8 Stasiun Kereta Api Sediakan Layanan Tes GeNose