Home / NUSANTARA

Jumat, 21 Agustus 2020 - 14:20 WIB

Olah Kotoran Kelinci Jadi Pupuk Organik

Pupuk organik dari kotoran kelinci. Foto/Ist

Pupuk organik dari kotoran kelinci. Foto/Ist

TEMANGGUNG, BERITANUSA.id – Kondisi kerusakan lingkungan akibat penggunaan pupuk kimia menjadi perhatian Pamit (40), salah seorang warga Temanggung, Jawa Tengah. Sebagai solusi mengatasi hal itu, ia memproduksi pupuk organik dari kotoran kelinci di rumahnya Desa Kemloko, Kecamatan Kranggan.

Saat ini, Pamit memiliki 40 ekor kelinci anakan dan sembilan ekor kelinci indukan. Ia memang tidak menjual kelinci hidup dan kelinci olahan. Spesifikasinya mengolah kotoran kelinci menjadi pupuk. Usaha tersebut ia jalani sejak sekitar setengah tahun terakhir.

“Saya tidak jual kelinci, hanya mengolah kotoran jadi pupuk. Semua diolah sendiri, hanya dibantu isteri saya, Alpiah (36),” tutur Pamit.

Sebagaimana diketahui, pupuk organik dari kotoran kelinci memiliki kadar N, P, dan K paling tinggi. Kandungan ini sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman. Pamit berkeinginan agar para petani mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia yang bisa merusak lingkungan.

Sejauh ini tiap tiga bulan sekali Pamit berhasil mengumpulkan lima karung besar kotoran kelinci. Cara membuatnya, semua kotoran ini dikeringkan, kemudian diselep. Hasilnya sudah bisa digunakan sebagai pupuk. Pamit juga sedang berupaya mengolah urin kelinci menjadi pupuk cair.

Pupuk organik dari kotoran kelinci dijual dengan harga Rp7.500 per kilogram, jika pupuk sudah diselep. Namun jika ada yang membeli pupuk dalam kondisi belum diselep akan dikenai harga Rp5.000 per kilogram. Dari menjual pupuk organik kelinci, Pamit mendapatkan hasil rata-rata Rp500 ribu per bulan.

“Biasanya para petani cabai dan sayuran yang sudah tahu langsung datang ke rumah saya untuk mengambil, membeli pupuk,” katanya. (inf/pub)

Share :

Baca Juga

Perayaan HUT ke-19 Kabupaten Kepulauan Seribu disambut antusias warga. Foto/Ist

NUSANTARA

Apresiasi dan Harapan Warga di HUT ke-19 Kepulauan Seribu
Peternakan sapi. Ist

NUSANTARA

Kementan-TNI AD Siapkan Program 1.000 Desa Sapi
Polsek Panakukang. Ist

NUSANTARA

Pengamanan Pilkada 2020 Serentak di Tengah Pandemi
Ilustrasi warga saat menerima bantuan uang tunai. Foto/Antara

EKONOMI

Warga Keluhkan Bansos Ayam Hidup di Cianjur
Ilustrasi--Seorang pria membawa kotak suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Manado, Sulawesi Utara. Foto/Antara

NASIONAL

Pilkada 2020: Pomanto Kalahkan Kerabat JK di Makassar
Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat, membersihkan dan mengangkut sekitar 7,5 ton atau setara 47,43 meter kubik sampah setelah aksi demo penolakan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja, Selasa (13/10). Foto/Ist

NASIONAL

1,7 Ton Sampah Sisa Demo Omnibus Law 28 Oktober
Andrei Anggouw. Foto/Ist

NUSANTARA

Pilkada 2020: Peluang Besar Andrei Jadi Walkot Konghucu Pertama
Ilustrasi -- Bencana tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

Dalam 10 Hari, Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan